Korban Tewas Topan Vietnam Jadi 69 Orang

Willy Haryono    •    Selasa, 07 Nov 2017 16:31 WIB
topan badai
Korban Tewas Topan Vietnam Jadi 69 Orang
Warga berada di rumah mereka yang terendam banjir di Hoi An, Vietnam, 6 November 2017. (Foto: AFP/STR)

Metrotvnews.com, Hanoi: Korban tewas Topan Damrey di Vietnam melonjak menjadi 69 orang, Selasa 7 November 2017. Kematian terjadi beberapa hari menjelang KTT APEC di kota Danang. 

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Vietnam, seperti dikutip AFP, lebih dari 100 ribu rumah di beberapa wilayah Vietnam terendam banjir. 

Salah satu daerah yang terkena imbas badai adalah Hoi An, situs Warisan Budaya Dunia UNESCO yang juga akan dijadikan lokasi APEC pekan ini. 

Sejak Damrey tiba di Vietnam pada Sabtu, 69 orang tewas diterjang banjir, tanah longsor dan perahu tenggelam. Sementara 30 lainnya masih dinyatakan hilang. 

UNICEF mengatakan sedikitnya empat anak-anak berada di deretan korban tewas Damrey. Sekitar satu juta pemuda di Vietnam terkena imbas Damrey, topan terburuk yang menghantam Vietnam dalam beberapa tahun terakhir.

Otoritas lokal mengingatkan luapan sungai mengisi sejumlah waduk di provinsi pusat dan selatan Vietnam. Dikhawatirkan waduk-waduk tersebut dapat jebol jika terus dipenuhi air. 

Bulan lalu, banjir dan tanah longsor di Vietnam menewaskan lebih dari 70 orang. Pada September, Topan Doksuri mengobrak-abrik Vietnam pusat dan menewaskan sebelas warga. 

Sejak awal tahun ini, sedikitnya 240 orang di Vietnam tewas atau hilang dalam serangkaian musibah banjir dan tanah longsor.

 


(WIL)