Kualitas Udara Buruk, KBRI New Delhi Imbau WNI Sedia Masker

Sonya Michaella    •    Rabu, 08 Nov 2017 15:57 WIB
indonesia-india
Kualitas Udara Buruk, KBRI New Delhi Imbau WNI Sedia Masker
Kualitas udara di India makin memburuk. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New Delhi: Akibat memburuknya kualitas udara di India dan munculnya kabut asap di pusat kota, KBRI New Delhi mengimbau kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di India untuk menghindari aktivitas di luar ruangan, terutama di negara bagian dengan tingkat Indeks Kualitas Udara buruk.

"Jika memang ada keperluan mendesak, diimbau untuk menggunakan masker yang dapat menyaring partikel polutan berdiameter 2,5 mikrometer atau kurang," sebut pernyataan dari KBRI New Delhi kepada Metrotvnews.com, Rabu 8 November 2017.

Untuk keadaan darurat, WNI dapat menghubungi nomor kontak KBRI New Delhi di +91 8826590097 atau email di konsuler.newdelhi@kemlu.go.id.

Demi pertimbangan kesehatan, pemerintah pun telah menginstruksikan sekolah-sekolah di New Delhi untuk libur sementara selama beberapa hari ke depan.

"Bagi masyarakat Indonesia yang akan atau ingin bepergian ke India, KBRI mengimbau untuk memeriksa kualitas udara di tempat tujuan dan sedia masker dan obat-obatan," lanjut pernyataan itu.

Indeks Kualitas Udara baik adalah 0-50,memuaskan 51-100, dan sedang yaitu 101-200. Sementara, kualitas udara di India kini diperkirakan di atas 200 yang berarti sangat buruk.

Polusi udara yang buruk dapat memicu beberapa penyakit , termasuk alergi, baruk, infeksi mata bahkan infeksi pernapasan. 

Sebanyak 50 penerbangan di Bandara Internasional Indira Gandhi dilaporkan harus ditunda sejak kemarin pagi. Dua dari tiga landasan pacu bandara pun tidak dapat beroperasi.

Jarak pandang sedikit membaik sekitar pukul 11.00. Sementara, beberapa maskapai penerbangan telah membatalkan penerbangan hingga 9 November besok.


(FJR)