Korut-Korsel Gelar Dialog di DMZ Pekan Depan

Sonya Michaella    •    Jumat, 05 Jan 2018 10:03 WIB
korsel-korutnuklir korea utararudal korut
Korut-Korsel Gelar Dialog di DMZ Pekan Depan
Salah satu sudut Panmunjon, Zona Demiliterisasi Korut-Korsel. (Foto: AFP)

Seoul: Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) mengonfirmasi bahwa Korea Utara (Korut) menerima tawaran perundingan dengan Korsel yang akan digelar pada 9 Januari mendatang.

Pertemuan itu rencananya akan berlangsung di Panmunjom, desa gencatan senjata di Zona Demiliterisasi yang memisahkan Korsel dan Korut. Penjagaan ketat juga akan mewarnai pertemuan dua negara yang berseteru ini.

"Korut mengirim pesan bahwa mereka bersedia dan siap berunding dengan Korsel pekan depan," kata seorang pejabat kementerian, dikutip dari AFP, Jumat 5 Januari 2018.

Hingga saat ini, agenda pertemuan masih sebatas pembicaraan Olimpiade Pyeongchang dan usaha untuk memperbaiki hubungan antara dua negara.

Mengenai Olimpiade Musim Dingin yang digelar sebulan penuh selama Februari ini, Korut memang telah berencana untuk mengirimkan wakilnya. 

Arena Olimpiade Musim Dingin ini hanya terletak 80 kilometer dari DMZ yang memisahkan Korut serta Korsel. 

Tawaran perundingan awal ditawarkan Korut terlebih dahulu saat pemimpin Korut Kim Jong-un membawakan pidato Tahun Baru. Ia mengatakan bahwa Korut bersedia berdialog dengan Korsel.

Pernyataan Kim ini disambut baik dengan Korsel. Setelah itu, Korsel menawarkan perundingan kepada Korut untuk digelar secepatnya dan dipilihlah 9 Januari 2018.



(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA