Australia Didorong Perluas Investasi Digital di Indonesia

inten Suhartien    •    Kamis, 01 Feb 2018 19:03 WIB
indonesia-australia
Australia Didorong Perluas Investasi Digital di Indonesia
Turis Australia di Bali dapat menjadi pasar digitalisasi. (Foto:Antara/Nyoman Budhiana)

Jakarta: Indonesia Australia Digital Forum (IADF) merupakan inisiatif dari Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

IADF membahas sejumlah tema di antaranya smart government, digital health, fintech and start up, cyber security, dan creative industry. Forum ini mengundang sejumlah pembicara ternama yang berasal dari berbagai bidang dan keahlian.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan bahwa dunia mulai mengadopsi teknologi digital secara bertahap. Anggota Kabinet Kerja tersebut berharap Indonesia dan Australia bisa memperluas kerja sama sektor digital di antara kedua negara.

"Kita harus mempunyai follow up forum 2-3 bulan sekali di Bali, dan sebelum tahun baru harus ada investasi yang signifikan dari Australia di sektor digital," ujarnya seusai menghadiri IADF di Hotel Fairmont di Senayan, Jakarta Selatan pada Kamis 1 Februari 2018.

"Ada satu juta lebih turis Australia ke Bali, yang harusnya menjadi pasar yang bisa digitalisasi," lanjutnya.

Hingga saat ini sektor digital sudah menjadi penyumbang utama perekonomian Australia dan Indonesia.

Sebagai tindak lanjut, 25 pembuat kebijakan Indonesia akan mempelajari kebijakan keamanan siber melalui program beasiswa singkat Australia Awards. Selain itu, Badan Siber dan Sandi Negara juga akan mendapatkan bantuak teknis dari Negeri Kangguru tersebut. 

 


(WAH)