Presiden Jokowi-PM Najib Sepakat Jaga Dua Sisi Perbatasan

Sonya Michaella    •    Rabu, 22 Nov 2017 17:51 WIB
indonesia-malaysia
Presiden Jokowi-PM Najib Sepakat Jaga Dua Sisi Perbatasan
PM Malaysia Najib Razak menerima Presiden RI Joko Widodo di Kuching, Malaysia. (Foto: EPA)

Kuching: Bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak di Kuching, Serawak, hari ini, Presiden RI Joko Widodo membahas sejumlah isu, salah satunya adalah pertahanan perbatasan. 

Jokowi dan Najib sama-sama menugaskan Menteri Pertahanan masing-masing negara untuk terus menjaga kedua sisi perbatasan Indonesia dan Malaysia.

"Kedua pemimpin menugaskan Menhan dua negara untuk terus menambah pos gabungan di perbatasan dan memperluas yang ada," sebut pernyataan tertulis dari Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia kepada Metrotvnews.com, 22 November 2017.

Kedua pemimpin juga memastikan bahwa pelaksanaan Perjanjian Traktat antara Indonesia dan Malaysia dilakukan secara terus menerus dan efektif di dalam Perjanjian 1982 yang berjudul Hukum Negara Kepulauan dan Hak Asasi Manusia Malaysia di Laut Teritorial dan Perairan Kepulauan serta di Wilayah Udara di atas Laut Teritorial, Perairan Kepulauan dan Wilayah Republik Indonesia antara Malaysia Timur dan Barat.

"Kedua pemimpin menegaskan kembali komitmen mereka terhadap semangat Traktat 1982 dan menginstruksikan pejabat terkait untuk mempercepat konsultasi mereka," lanjut pernyataan tersebut.

Selain itu, Jokowi dan Najib juga sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata. Saat ini, perkembangan positif memang terlihat di hubungan perdagangan dan investasi.

Malaysia juga menginginkan adanya eksplorasi baru untuk bekerja sama seperti di ekonomi digital dan UMKM antara kedua negara.

Pertemuan antara Jokowi dan Najib ini merupakan pertemuan ke-12 yang dilaksanakan antara kedua negara.

Pertemuan ini bersifat tahunan dan reguler. Tahun lalu, pertemuan dilaksanakan di Indonesia, dan tahun ini giliran Malaysia yang menjadi tuan rumah.


(FJR)