Gunung Agung Awas, Australia Imbau Warganya Tetap Waspada

Sonya Michaella    •    Senin, 27 Nov 2017 08:25 WIB
australiaerupsi gunung agung
Gunung Agung Awas, Australia Imbau Warganya Tetap Waspada
Gunung Agung saat meletus, Minggu 26 November 2017. (Foto: AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKA)

Jakarta: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas). 

Sekira pukul 20.00 WITA, Minggu 26 November 2017, Gunung Agung mengeluarkan suara dentuman sebanyak dua kali. Dentuman itu disertai dengan keluarnya semburan lava dari kawah.

Sehubungan dengan aktivitas Gunung Agung tersebut, Australia mengeluarkan travel advice atau imbauan perjalanan kepada warganya yang memang dikenal gemar mengunjungi Bali untuk berlibur.

"Saran pemerintah tidak berubah. Tetap waspada di Bali. Selalu pantau media lokal dan ikuti petunjuk dari pihak berwenang setempat," tulis pernyataan dari Pemerintah Australia yang dikutip dari smartraveller.gov.au, Senin 27 November 2017.

Australia juga mengimbau warganya yang akan ke Bali untuk mengecek jadwal penerbangan maskapai yang akan digunakan secara berkala. Sebab, sejumlah penerbangan telah dibatalkan dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar pun ditutup untuk sementara.

Bandara I Gusti Ngurah Rai diputuskan untuk ditutup mulai hari ini pukul 07.15 WITA sampai 07.00 WITA esok hari, hampir 24 jam.

Alasan penutupan bandara disebabkan karena debu vulkanik menutup ruang udara. Diketahui ada partikel-partikel sehingga pesawat yang datang dan pergi terganggu. 


(WIL)