Tiongkok Didesak Akui Taiwan sebagai Negara Demokrasi

Sonya Michaella    •    Kamis, 13 Oct 2016 11:29 WIB
tiongkok-taiwan
Tiongkok Didesak Akui Taiwan sebagai Negara Demokrasi
Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen (Foto: Telegraph)

Metrotvnews.com, Taipei: Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen menegaskan bahwa Taiwan harus berpijak pada kakinya sendiri dan tidak bergantung pada Tiongkok.

Ia juga menyerukan bahwa Tiongkok harus mengakui Taiwan sebagai negara demokrasi.

"Saya menyerukan pada Tiongkok untuk menghadapi kenyataan di mana Taiwan tak tergoyahkan dalam sistem demokrasi," ujar Tsai, seperti dikutip Telegraph, Kamis (13/10/2016).

Tiongkok menganggap Taiwan adalah provinsi yang membangkang. Pasalnya, Taiwan memutuskan untuk memisahkan diri dari Tiongkok.

Sementara, salah satu tujuan Tiongkok adalah menyatukan kembali Taiwan dengan Tiongkok. Bahkan, Tiongkok telah menawarkan otonomi yang cukup bagi Taiwan untuk pencapaian penyatuan tersebut.

Namun, dalam dua dekade terakhir, keributan telah terjadi antara Taiwan dan Tiongkok. Tsai, sebagai presiden baru Taiwan, menginginkan Taiwan berdemokrasi lepas dari Tiongkok.

Dalam sebuah pernyataan, para pejabat Tiongkok menyatakan bahwa pertumbuhan Tiongkok akan semakin pesat dan yang bergabung dengan Tiongkok akan berhasil.

"Gelombang pertumbuhan begitu kuat, yang bergabung dengan Tiongkok akan berhasil dan yang melawannya akan binasa," ucap salah satu pejabat tersebut.

Penasihat senior untuk Asia di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington DC, Bonnie S. Glaser mengatakan bahwa pernyataan Tsai tersebut mengindikasikan adanya ajakan untuk Tiongkok berdialog bersama.

"Tiongkok tidak akan bermain bola dalam masalah ini. Tiongkok sepertinya bertekad untuk memberikan tekanan lebih ke Taiwan secara bertahap," tutur Glaser.

Glaser menilai, tekanan ini terwujud dalam pemblokiran partisipasi Taiwan dalam dunia dan masyarakat internasional dan juga di beberapa bidang, seperti ekonomi.



(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

4 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA