Pelatih Terjebak di Thailand Berterima Kasih atas Kepedulian Internasional

Arpan Rahman    •    Kamis, 11 Oct 2018 09:20 WIB
asia
Pelatih Terjebak di Thailand Berterima Kasih atas Kepedulian Internasional
Militer Thailand dan relawan berbagai negara menyiapkan upaya penyelamatan 12 siswa dan pelatih olahraga yang terjebak di sebuah gua pada Juni 2018, dok: UPI

Bangkok: Ekapol Chanthawong, pelatih sepak bola asal Thailand, mengaku terkesima dengan kepedulian banyak pihak atas peristiwa yang menimpanya. Bahkan kepedulian itu juga berasal dari luar negeri.
 
Juni 2018, Chanthawong bersama 12 anak laki-laki terperangkap di gua Tham Luang Nang Non, Thailand. Mereka tak dapat keluar karena banjir merendam dasar gua tersebut.
 
Mereka bertahan hidup selama kurang lebih tujuh hari di dalam gua. Chanthawong terus menyemangati anak-anak asuhnya untuk tetap bertahan hingga petugas dan relawan menemukan mereka.
 
"Saya tidak dapat percaya, orang-orang dari seluruh dunia datang untuk menyelamatkan kami saat itu," kata Chanthawong seperti yang dilansir dari laman www.upi.com, Rabu, 10 Oktober 2018.
 
Lantaran itu, Chanthawong berterima kasih pada segenap pihak yang menyelamatkannya dan anak-anak lain. Sehingga, mereka keluar dari gua dalam kondisi selamat.
 
Peristiwa itu mengundang simpati banyak pihak. Seorang warga Inggris menawarkan diri untuk menyelam dan menemukan mereka. Sebuah kelompok relawan bahkan mengurusi keluarga yang tengah menunggu kabar penyelamatan.
 
Presiden Amerika Serikat Donald Trump pun tertarik memantau peristiwa itu. Ia mengatakan penyelamatan korban berbahaya karena mereka terjebak di gua.
 
Trump juga mengapresiasi Angkatan Laut Thailand terlibat dalam penyelamatan. Melalui akun Twitternya, Trump mengucapkan selamat pada militer Thailand dalam upaya tersebut.


(FJR)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

22 minutes Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA