Jet Tempur AS Jatuh di Okinawa, Pilot Berhasil Selamatkan Diri

Fajar Nugraha    •    Kamis, 22 Sep 2016 16:39 WIB
militer as
Jet Tempur AS Jatuh di Okinawa, Pilot Berhasil Selamatkan Diri
Pesawat AV-8 Harrier milik AS (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Okinawa: Sebuah jet tempur milik Marinir Amerika Serikat (AS) dikabarkan jatuh di Okinawa, Jepang. Namun pilot pesawat berhasil menyelamatkan diri.
 
Pilot tersebut berhasil menyelamatkan diri dengan kursi pelontar. Kemudian tim penyelamat pun menjemput pilot pesawat AV-8 Harrier tersebut.
 
"Penyebab dari kecelakaan yang terjadi Kamis 22 September itu masih dalam penyelidikan," pernyataan militer AS di Pangkalan Butler di Okinawa, seperti dikutip USA Today, Kamis (22/9/2016).
 
Detail lainnya tidak bersedia diungkap oleh militer AS. Sementara penjaga pantai Jepang mengonfirmasi kecelakaan yang terjadi sekitar 153 kilometer sebelah timur dari Pulau Okinawa tersebut.
 
Pesawat tempur ini ditempatkan di pangkalan militer Okinawa yang menampung setengah dari 50 ribu pasukan AS, yang ditempatkan di Jepang. Penempatan pasukan AS tersebut diatur dalam kesepakatan keamanan bilateral kedua negara.
 
Warga Jepang di Okinawa tidak menyukai kehadiran pasukan AS di pulau tersebut. Mereka mengeluhkan suara berisik dari pesawat dan kejahatan yang kerap dilakukan oleh prajurit AS.
 
Selain itu, warga di Okinawa merasa terbebani dengan penempatan pasukan AS ini. Sudah berulangkali meminta agar pangkalan ini dipindahkan, tetapi upaya itu tetap tidak menemukan hasil.
 



(FJR)

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

7 hours Ago

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sejumlah kritik terhadap PBB termasuk saran untuk mereformasi…

BERITA LAINNYA