Tiga Tantangan Jadi Perhatian Kesepakatan IORA

Sonya Michaella    •    Sabtu, 17 Sep 2016 15:51 WIB
iora
Tiga Tantangan Jadi Perhatian Kesepakatan IORA
Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Desra Percaya menegaskan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi IORA akan dilaksanakan pada Maret 2017
 
"Iya, sudah pasti. Nanti KTT IORA di Jakarta, 7 Maret 2017. Kepala negara anggota IORA sudah pasti kita undang," kata Desra ketika ditemui di acara FPCI, di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (19/7/2016).
 
"Ini kan sebenarnya sudah diputuskan tahun lalu, kalau IORA akan diselenggarakan summitnya. Tapi waktunya baru ditentukan kemarin (di Yogyakarta)," lanjutnya.
 
Desra mengungkapkan juga bahwa proses penyusunan Concord atau kesepakatan dan nanti pada Oktober 2016 akan diselenggarakan Konferensi Tingkat Menteri IORA di Nusa Dua, Bali.
 
Dalam concord nanti, ada tiga hal tantangan dan topik yang hendak ditampilkan. Pertama adalah stabilitas dan perdamaian di Samudera Hindia. Kedua adalah kerja sama ekonomi dan ketiga adalah adanya interaksi sosial dan budaya masyarakat di antara negara pesisir. 
 
Posisi Samudera Hindia yang strategis di antara empat benua dan merupakan jalur perdagangan dan perlintasan kapal yang sangat padat memunculkan potensi kerawanan. Kriminalitas yang dilakukan sejumlah perompak di wilayah Samudera Hindia masih kerap terjadi. 
 
Maka dinilai sangat penting menjaga stabilitas perdamaian dan keamanan dikawasan Samudera Hindia.
IORA adalah organisasi negara-negara pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 
 
Organisasi ini didirikan tahun 1997 dan kini beranggotakan 21 negara yang dipimpin. Indonesia terpilih sebagai pemimpin IORA di periode 2015-2017.



(FJR)

Visi Misi Hillary-Trump Saling Bertentangan

Visi Misi Hillary-Trump Saling Bertentangan

3 minutes Ago

Debat kandidat calon Presiden AS Hillary Clinton dan Donald Trump di Hempstead, New York, berlangsung…

BERITA LAINNYA