Hadapi Ancaman Korut, Korsel Unjuk Kekuatan Militer

Willy Haryono    •    Selasa, 06 Sep 2016 17:32 WIB
perang korea
Hadapi Ancaman Korut, Korsel Unjuk Kekuatan Militer
Tank baja K1A2 milik Korsel unjuk gigi dalam pameran Defence Expo Korea 2016 di Pocheon, 6 September 2016. (Foto: AFP/JUNG YEON-JE)

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Selatan (Korsel) unjuk perlengkapan militer berteknologi tinggi di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan setelah Korea Utara (Korut) menembakkan tiga misil balistik pekan ini. 

Korut menembakkan tiga misil jarak menengah pada Senin kemarin, yang memicu kecaman dari Amerika Serikat dan Jepang. Pemimpin Korut Kim Jong-un menyebut peluncuran tiga misil tersebut sebagai sebuah kesuksesan "sempurna."

Pyongyang melakukan uji coba nuklir keempat dan serangkaian peluncuran misil balistik tahun ini yang memicu jatuhnya sejumlah sanksi dari PBB. Aksi provokatif Korut membuat Korsel mendatangkan sistem anti-misil THAAD dari Amerika Serikat (AS).

AS dan Korsel menyebut THAAD murni didatangkan untuk menangkis kemungkinan serangan Korut. 

Seperti dikutip AFP, unjuk kekuatan militer Korsel bertajuk Defence Expo Korea 2016 di Seoul melibatkan 250 pihak swasta, banyak di antaranya merupakan perusahaan lokal. 

Tidak hanya pameran, DX Korea 2016 juta menghadirkan pertunjukkan langsung kendaraan tempur dan perlengkapan militer lainnya di kota Pocheon yang berdekatan dengan perbatasan Korut. 

Calon pembeli dari 25 negara turut hadir dalam pameran ini, yang akan berlangsung hingga Sabtu mendatang. 

Selain perusahaan Korsel, 80 firma asing dari AS, Jerman dan Isral, juga berpartisipasi dalam DX Korea 2016. 

Sementara itu nilai ekspor senjata Korsel turun dari USD3,6 miliar pada 2014 menjadi USD3,4 miliar tahun lalu. 


(WIL)