Tingkatkan Taraf Ekonomi Wilayah Terpencil bersama Sahabat Pulau

Sonya Michaella    •    Minggu, 09 Oct 2016 13:46 WIB
filantropi
Tingkatkan Taraf Ekonomi Wilayah Terpencil bersama Sahabat Pulau
Organisasi Sahabat Pulau membantu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di daerah-daerah terpencil di Indonesia. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lebih dari 100 organisasi dan lembaga hadir dalam Festival Filantropi Indonesia (IPFest) dalam misi membantu pelaksanaan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Salah satu organisasi tersebut adalah Sahabat Pulau yang sempat menarik perhatian Metrotvnews.com. Organisasi ini bergerak di bidang pendidikan dan social entrepreneurship.

"Sahabat Pulau punya program kakak-adik asuh, rumah baca dan desapreneur," ungkap PLT Director Sahabat Pulau, Isra kepada Metrotvnews.com di Jakarta Convention Center, Minggu (9/10/2016).

Sesuai namanya, Sahabat Pulau membantu anak-anak yang tinggal di pulau dari Sabang sampai Merauke. "Desapreneur adalah program kami di mana kami memanfaatkan hasil laut atau hasil lokal untuk meningkatkan taraf ekonomi penduduk setempat," lanjutnya.

Kini, Sahabat Pulau bergerak di 30 lokasi dari 12 provinsi di Indonesia, di antaranya Sumatera Barat, Timika dan Nabire.

"Untuk sukarelawannya, kami bekerja dengan anak-anak muda setempat yang memang dulunya mereka sempat hijrah ke kota-kota besar lalu kembali lagi ke asalnya untuk membangun," tuturnya lagi.


Sahabat Pulau di IPFest 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Isra menceritakan sukarelawan Sahabat Pulau di salah satu pulau di Papua ada yang seorang dokter.

"Dia menjadi sukarelawan di sana dan menceritakan kepada anak-anak setempat bagaimana profesi dokter tersebut dan diharapkan anak-anak akan terpompa semangatnya untuk mencapai pendidikan yang tinggi," tukasnya.

Sahabat Pulau yang sebagai pemicu munculnya sukarelawan-sukarelawan lokal untuk mengunjungi sejumlah lokasi tersebut. "Kita juga mengunjungi mereka, tidak 100 persen menyerahkan kepada sukarelawan di setiap lokasi," pungkasnya.

Festival Filantropi Indonesia menyajikan beragam organisasi dan lembaga kemanusiaan untuk melancarkan target SDGs 2030. Acara ini dihelat sejak 6 Oktober hingga 9 Oktober 2016.


(WIL)

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

2 hours Ago

Khalid Masood, warga Inggris 52 tahun dengan riwayat pelanggaran kekerasan tapi diyakini bukan…

BERITA LAINNYA