Malaysia Bentuk Lembaga Khusus Tampung Dana untuk Bayar Utang

Fajar Nugraha    •    Rabu, 30 May 2018 13:41 WIB
politik malaysia
Malaysia Bentuk Lembaga Khusus Tampung Dana untuk Bayar Utang
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad umumkan pembentukan lembaga penampung dana bantuan warga (Foto: Malaysia Kini).

Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengumumkan pembentukan dana khusus yang memungkinkan warga Malaysia untuk membantu mengurangi beban utang nasional.
 
Baca juga: Mahathir: Utang Malaysia Membengkak hingga Rp3.570 T.
 
"Kami akan mendirikan Malaysia Hope Fund untuk menerima sumbangan rakyat untuk membantu mengurangi beban utang negara," kata Tun Dr Mahathir Mohamad, seperti dikutip Malaysia Kini, Rabu 30 Mei 2018.
 
Anggota parlemen Langkawi ini mengatakan bahwa banyak orang yang sadar akan situasi keuangan 'sangat buruk'. Mereka pun bersedia menyumbang kepada pemerintah.
 
"Kami menantikan sikap patriotik mereka danberterima kasih kepada mereka atas kontribusi mereka kepada pemerintah yang bertanggungjawab," imbuh Mahathir.
 
"Jadi pemerintah telah menetapkan semua sumbangan ini diberikan kepada kementerian yang memiliki kewenangan (mengatur utang negara)," katanya.
 
Mahathir sebelumnya mengumumkan bahwa utang negara itu telah mencapai 1 triliun ringgit Malaysia atau sekitar Rp3.500 triliun.
 
Pemerintahan Mahathir yang diisi oleh koalisi Pakatan Harapan, menilai pemerintahan sebelumnya yang diduga sangat bergantung pada Tiongkok dan dipenuhi dengan skandal dugaan korupsi 1 Malaysia Development Berhad (1MDB).


(FJR)