Tiongkok Luncurkan Satelit Komunikasi Bumi dan Bulan

Sonya Michaella    •    Senin, 21 May 2018 11:03 WIB
satelittiongkok
Tiongkok Luncurkan Satelit Komunikasi Bumi dan Bulan
Peluncuran salah satu satelit Tiongkok pada 2015 lalu. (Foto: Xinhua)

Beijing: Tiongkok baru saja meluncurkan satu satelit untuk mempersiapkan hubungan komunikasi antara Bumi dan pesawat penjelajah bulan Chang'e-4. Satelit diluncurkan pada pagi hari ini, pukul 05.28 waktu setempat.

Satelit yang bernama Queqiao atau Magpie Bridge, dibawa oleh roket Long March-4C dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, Tiongkok barat daya.

"Peluncuran ini merupakan langkah kunci bagi Tiongkok untuk mewujudkan tujuannya menjadi negara pertama yang mengirimkan penyelidikan ke Bulan dan menjelajah Bulan lebih jauh," kata manajer proyek satelit Zhang Lihua, dikutip dari Xinhua, Senin 21 Mei 2018.

Satelit tersebut akan menetap di orbit yang berada sekitar 455 ribu kilometer dari Bumi, dan menjadi satelit komunikasi pertama di dunia yang beroperasi di sana.

Namun, misi ini memiliki banyak tantangan. Salah satunya penyesuaian orbit serta gravitasi Bulan. 

Para ilmuwan dan insinyur Tiongkok berharap satelit Queqiao akan membentuk jembatan komunikasi yang sempurna. Peluncuran ini adalah misi ke 275 dari roket Long March.

Satelit dengan berat 400 kilogram ini dirancang selama tiga tahun dan membawa sejumlah antena. Salah satunya berbentuk payung dengan diameter lima meter dan merupakan antena komunikasi terbesar yang pernah digunakan dalam eksplorasi ruang angkasa.


(WIL)