60 Tahun Indonesia-Jepang: Kerja Bersama Maju Bersama

Sonya Michaella    •    Kamis, 30 Nov 2017 08:52 WIB
indonesia-jepang
60 Tahun Indonesia-Jepang: Kerja Bersama Maju Bersama
Wapres Jusuf Kalla menghadiri perayaan ulang tahun ke-84 Kaisar Jepang di Jakarta (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Kerja Bersama, Maju Bersama. Ini adalah slogan yang ditegaskan Jepang dalam peringatan hubungan diplomatik ke-60 tahun dengan Indonesia yang jatuh pada tahun depan.
 
Bersamaan dengan ulang tahun ke-84 Kaisar Akihito yang dihelat Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii juga terus berharap hubungan Jepang dan Indonesia semakin meningkat ke depannya.
 
"Tahun depan merupakan kesempatan baik bagi kedua negara menengok kembali 60 tahun yang sudah dilalui. Kita patut berbangga atas apa yang sudah kita capai bersama," kata Dubes Ishii dalam sambutannya di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu 29 November 2017.
 
"Namun, yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa bekerja sama untuk mencapai hal-hal yang sudah kita rancang di tahun ini," ungkap dia.
 
Menjadi tamu kehormatan malam tadi, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga menyampaikan apresiasinya untuk kerja sama Indonesia dan Jepang selama ini.
 
"Jepang merupakan mitra kerja sama Indonesia yang sangat penting di beberapa bidang, saya yakin Jepang kepada Indonesia pun seperti itu," ucap Kalla.
 
"Kerja sama dua negara meningkat di dalam forum kerja sama bidang maritim yang ditandatangani pada 2016 lalu. Ini membuktikan bahwa Indonesia dan Jepang sangat berkomitmen di maritim," kata dia.
 
Kalla juga sempat menyebutkan sejumlah proyek kerja sama yang disokong Jepang, antara lain pembangunan infrastruktur, pelabuhan dan MRT juga sarana pendidikan.



(FJR)