Jepang Kembali Dibuat Berang atas Uji Coba Rudal Korut

Sonya Michaella    •    Rabu, 29 Nov 2017 08:41 WIB
rudal korut
Jepang Kembali Dibuat Berang atas Uji Coba Rudal Korut
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. (Foto: AFP)

Tokyo: Korea Utara (Korut) dilaporkan baru saja meluncurkan uji coba nuklir balistik kembali ke arah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang. Hal ini tentu membuat berang Negeri Sakura tersebut.

"Tindakan korut terbaru dalah sebuah tindakan kekerasan yang tidak dapat ditolerir," tegas Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dikutip dari AFP, Rabu 29 November 2017.

"Namun kami tidak akan pernah bertindak provokatif. Kami akan memaksimalkan tekanan kami kepada negara itu," lanjut dia.

Sebelumnya, Jepang telah melacak dan menerima sinyal radio bahwa Korut sedang mempersiapkan peluncuran uji coba rudal berikutnya dan peluncuran tersebut terjadi pada dini hari tadi. 

Dikatakan, rudal tersebut terbang selama 53 menit pada ketinggian di atas 4.000 kilo meter.

"Kami belum menerima laporan kerusakan pesawat terbang atau kapal yang beroperasi di dekat area tersebut," ucap Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera.

Berbicara pada pagi ini, PM Abe menegaskan kembali pentingnya peran Tiongkok dalam krisis ini. Penegasan ini ia utarakan saat dirinya melakukan sambungan telepon dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa rudal, yang meluncur itu ditembakkan dari Pyongsong, kota di Provinsi Pyongan Selatan, pada sekitar pukul 18.17 GMT dan melintasi perairan antara Korea Selatan dan Jepang.


(FJR)