Kepala Urusan Politik PBB Bertolak ke Korut

Willy Haryono    •    Selasa, 05 Dec 2017 10:43 WIB
pbbkorea utaranuklir korea utara
Kepala Urusan Politik PBB Bertolak ke Korut
Kepala Urusan Politik PBB Jeffrey Feltman. (Foto: AFP/RAUL ARBOLEDA)

Pyongyang: Kepala Urusan Politik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dijadwalkan tiba di Pyongyang, Korea Utara, pada Selasa 5 Desember 2017. Kunjungan yang dilakukan Jeffrey Feltman ini adalah kali pertama oleh pejabat PBB dalam enam tahun terakhir.

Korut telah mengirimkan surat undangan ke PBB pada September lalu untuk hadir dalam "dialog kebijakan."

Kunjungan Feltman dilakukan usai pekan lalu Korut meluncurkan misil balistik antarbenua yang diklaimnya sebagai "versi terkuat" sejauh ini. Pyongyang mengklaim misil tersebut dapat mencapai daratan utara Amerika Serikat (AS).

Feltman, mantan diplomat dan pejabat tertinggi AS di PBB, akan berada di Pyongyang hingga Jumat mendatang.

Seorang juru bicara PBB mengatakan kepada awak media bahwa Feltman akan bertemu beberapa pejabat tinggi Korut, termasuk Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho. Dia tidak dijadwalkan bertemu pemimpin rezim Kim Jong-un.

Baca: Kru Cathay Pacific Mengaku Lihat Misil Korut di Angkasa

Surat undangan Korut yang dikirim pada September telah dikonfirmasi PBB pada 30 November, satu hari usai Pyongyang melakukan uji coba misil.

Lawatan terakhir pejabat PBB ke Korut dilakukan mantan kepala bantuan kemanusiaan PBB Valerie Amos pada Oktober 2011. Pendahulu Feltman, Lynn Pascoe, juga telah berkunjung ke sana pada 2010.

Sementara itu Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan pada pekan lalu bahwa jika Pyongyang terus melakukan provokasi dan pada akhirnya perang terjadi, maka rezim Kim Jong-un akan "benar-benar hancur."

 


(WIL)