Kuburan Massal Kembali Ditemukan di Irak

Sonya Michaella    •    Sabtu, 27 Jan 2018 11:22 WIB
irakisis
Kuburan Massal Kembali Ditemukan di Irak
Kuburan massal yang ditemukan tahun lalu di Hawija. (Foto: AFP)

Baghdad: Sebuah kuburan massal kembali ditemukan di wilayah Irak. Kuburan ini ditemukan di Provinsi Kirkuk. Di dalamnya, terdapat sisa-sisa puluhan jenazah yang diduga adalah warga sipil dan petugas keamanan.

Lokasi penemuan kuburan massal ini tak jauh dari Desa Ryadh, sekitar 45 kilometer di barat kota Kirkuk. Mayoritas korban memiliki luka tembak. 

Dikutip dari AFP, Sabtu 27 Januari 2018, Gubernur Kirkuk, Rakan Said al-Juburi mengatakan, penemuan ini adalah temuan ke-14 di wilayah itu.

Setelah melihat sisa jenazah yang ada di dalam kuburan tersebut, diyakini mereka dieksekusi secara kejam oleh kelompok ekstremis yang menduduki wilayah Hawija.

"Penduduk lokal dan penunjuk jalan memimpin pasukan keamanan ke lokasi kuburan massal yang diduga berisi sisa-sisa jenazah lebih dari 75 warga sipil dan petugas keamanan," ucap dia.

Kirkuk menjadi salah satu kota terakhir yang dicengkeram Islamic State (ISIS), sebelum direbut kembali oleh pasukan keamanan Irak tahun lalu. 

Sejak diusirnya ISIS dari Irak, makin banyak kuburan massal ditemukan. Sejumlah keluarga di Irak pun khawatir bahwa salah satu anggota keluarganya yang hilang adalah jasad yang ada di kuburan tersebut. 


(FJR)