Kontribusi Pelajar dalam Hubungan RI-Jepang Amat Dinantikan

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 12 Mar 2018 14:39 WIB
indonesia-jepang
Kontribusi Pelajar dalam Hubungan RI-Jepang Amat Dinantikan
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Sebanyak 41 pelajar asal Indonesia mendapatkan beasiswa Monbukagakushi dari Pemerintah Jepang. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menuturkan harapan besar pada para pelajar untuk hubungan baik kedua negara.
 
"Pada 2018 ini, Jepang dan Indonesia memperingati hubungan diplomatik yang ke-60 tahun. Dan beasiswa ini, semoga dapat mempererat kerja sama kedua negara," ucap Masafumi saat ditemui di kantor Kedubes Jepang di Jakarta, Senin 12 Maret 2018.
 
Dia menambahkan, para pelajar ini dapat mempromosikan kedua negara. Pasalnya mereka merupakan representasi dari dua negara.
 
"Kalian nantinya akan menjadi representasi Indonesia dan saat kembali ke sini, kalian akan menjadi representatif kami. Jadi kalian bisa mempromosikan dua negara sekaligus," imbuhnya.
 
Dia menuturkan, banyak warga Indonesia yang bekerja di perusahaan Jepang. Masafumi menuturkan harapannya agar para pelajar ini bisa menjadi jembatan hubungan kedua negara saat mereka lulus kuliah nanti.
 
"Tentunya kalian harapan kami untuk berkontribusi mempererat hubungan dua negara," pungkasnya.
 
Sebanyak 41 pelajar Indonesia mendapat beasiswa dari Pemerintah Jepang. Mereka terdiri dari 30 orang di program penelitian (S2/S3), tiga orang di tingkat S1, 3 di D3 dan 5 dalam program D2.
 
Para pelajar ini akan berangkat dalam dua periode, yaitu pada April dan September 2018.
 


(FJR)