Ratusan Siswa di India Demo Soal Kebersihan Udara

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 15 Nov 2017 18:05 WIB
indiapolusi udara
Ratusan Siswa di India Demo Soal Kebersihan Udara
Polusi yang melanda India mengancam kesehatan warga (Foto: AFP).

New Delhi: Ratusan siswa sekolah di New Delhi, India melakukan unjuk rasa mengenai kebersihan udara di sana. Pasalnya, asap pekat memenuhi udara ibu kota India tersebut selama beberapa pekan terakhir.

Demo tesebut diselenggarakan oleh perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bersama 15 sekolah swasta dan perusahaan pembuat traktor, Sonalika.

Dilansir dari AFP, Rabu, 15 November 2017, kabut asap saat ini mulai hilang sedikit demi sedikit, namun, tetap saja langit masih hitam karenanya.

"Polusi telah semakin meningkat, nenek saya, paman, saudara laki-laki saya, tidak lagi bisa bernapas dengan nyaman," ujarnya seorang siswa, Charvi Thakkar.

Sementara itu, pihak berwenang mengaku sudah melakukan dialog dengan menteri kesehatan India. Mereka bahkan membandingkan udara ibu kota saat ini dengan kebocoran gas 1984 yang menewaskan 15 ribu jiwa.

Tingkat asap ini tidak berubah sejak pekan laku di mana kurangnya angin menyebabkan polutan terjebak di dalam kota dan menambah polusi yang ada di dalam kota.

Partikel yang dihasilkan dalam kualitas udara yang buruk ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, gangguan pernapasan bahkan kanker paru-paru.

Sebuah artikel bulan lalu di jurnal medis The Lancet mengatakan polusi bertanggung jawab atas hingga 2,5 juta kematian di India pada 2015, lebih banyak daripada di negara lain.



(FJR)