Jet Tempur Taiwan Dilaporkan Hilang di Laut China Timur

Sonya Michaella    •    Rabu, 08 Nov 2017 11:55 WIB
taiwan
Jet Tempur Taiwan Dilaporkan Hilang di Laut China Timur
Pesawat Mirage-2000 milik Taiwan. (Foto: CNA)

Metrotvnews.com, Taipei: Sebuah jet tempur Taiwan dilaporkan telah hilang saat terbang di atas Laut China Timur, utara Taiwan, dalam patroli rutin Angkatan Udara Taiwan.

Jet Mirage-2000 menghilang dari layar radar lebih dari setengah jam setelah lepas landas pada Selasa malam dari pangkalan udara Hsinchu, di selatan ibu kota Taipei.

Dikutip dari Xinhua, Rabu 8 November 2017, sejumlah kapal Angkatan Laut dan lebih dari 12 pesawat telah dikerahkan untuk mencari jet tersebut. Namun, sampai berita ini diturunkan, hasilnya nihil.

Menurut catatan, sang pilot, Ko Tse-yu, telah bergabung dengan AU Taiwan lebih dari satu dekade lalu dan memiliki waktu terbang selama 227 jam di Mirage.

AU Taiwan mengatakan, pesawat tersebut sempat mengalami masalah teknis beberapa waktu lalu. Namun, saat akan lepas landas, dipastikan pesawat dalam keadaan baik-baik saja. 

Taiwan membeli 60 jet Mirage-2000 dari Prancis sejak 1990. Jet AU Taiwan kerap terbang di atas Laut China Timur dan hal ini jelas diprotes oleh Tiongkok yang mengklaim perairan tersebut miliknya.

Tekanan dari Tiongkok membuat Taiwan cukup sulit melakukan jual beli perangkat militer dari Barat. Padahal, Taiwan sangat bergantung dengan Mirage.

Kendati demikian, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen tahun ini telah mengumumkan investasi senilai USD2,1 miliar untuk produksi pelatihan jet Angkatan Udara yang dirancang dan diproduksi di Taipei untuk menghidupkan kembali industri dalam negeri.



(FJR)