Korut Terancam Sanksi Unilateral dari Tiga Negara

Willy Haryono    •    Minggu, 11 Sep 2016 15:00 WIB
korea utara
Korut Terancam Sanksi Unilateral dari Tiga Negara
Tayangan televisi di Seoul, Korsel, 9 September, memperlihatkan laporan uji coba nuklir kelima korut. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Tokyo: Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lainnya mungkin akan menjatuhkan sanksi unilateral terhadap Korea Utara. Sanksi akan dijatuhkan atas uji coba nuklir kelima Korut pada Jumat 9 September. 

PBB juga geram ulah Korut dan mengancam akan menjatuhkan sanksi terberatnya ke negara paling terisolasi di dunia itu. 

"Sebagai tambahan dari kebijakan di Dewan Keamanan (PBB), baik AS dan juga Jepang, bersama dengan Republik Korea, akan mempertimbangkan kebijakan unilateral, bilateral dan mungkin juga trilateral," ujar Sung Kim, utusan khusus AS untuk Korut, dengan menggunakan nama resmi dari Korea Selatan. 

Dalam keterangannya ke awak media di Tokyo, seperti dilansir Reuters, Minggu (11/9/2016), Kim mengatakan detail spesifik mengenai sanksi unilateral belum dapat diumumkan. 

Namun baik AS dan juga Jepang mempertimbangkan "segala bentuk kemungkinkan, dalam kaitannya dengan sanksi unilateral yang dapat diimplementasikan," tambah Kim. 

Korut melakukan uji coba nuklir terkuatnya pada Jumat kemarin. Pyongyang mengaku telah mampu memasukkan hulu ledak nuklir ke sebuah misil balistik. 

DK PBB mengecam keras keputusan uji coba nuklir dari Korut, dan menegaskan akan segera membuat sebuah resolusi. AS, Inggris dan Prancis mendesak 15 anggota DK PBB untuk segera menjatuhkan sanksi keras. 

"Kami akan bekerja sama di DK PBB dan mengeluarkan sanksi terkeras terhadap aksi terbaru Korut," ungkap Kim. 

Diumumkan di Televisi



Presenter berita ternama Korut mengonfirmasi uji coba nuklir kelima negaranya pada Jumat. Konfirmasi ini disiarkan secara khusus usai uji nuklir tersebut.
 
Siaran khusus ini dilakukan pada pukul 1.00 siang waktu Pyongyang, tanpa ada notifikasi. Konfirmasi pun dilayangkan beberap jam setelah uji coba nuklir.
 
Menggunakan baju tradisional berwarna merah muda dipadukan dengan hitam, Ri Chun Hee sambil tersenyum mengumumkan tentang uji coba nuklir itu melalui televisi KCTV. 
 
"Uji coba nuklir terbaru membawa Korut ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Ri, dalam siarannya, seperti dikutip Jiji.
 
"Apa yang dilakukan menunjukkan bahwa Korea Utara mampu memproduksi hulu ledak nuklir yang bisa ditempatkan di rudal balistik," lanjutnya.


(WIL)