105 Haji WNI Tunggu Proses Administrasi Pemulangan dari Filipina

Fajar Nugraha    •    Kamis, 06 Oct 2016 18:41 WIB
haji 2016
105 Haji WNI Tunggu Proses Administrasi Pemulangan dari Filipina
Jemaah haji Indonesia (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekitar 700 warga negara Indonesia (WNI) berangkat haji melalui Filipina ke Arab Saudi. Tercatat ada sekitar 106 WNI kembali dari ibadah haji melalui Filipina.
 
"WNI yang pulang haji ada 106 orang melalui 24 kloter haji dari Filipina. Dan dari 24 itu, sembilan kloter yang ada 106 itu. Saat ini 105 sudah di KBRI tunggu proses administrasi. Yang satu masih menunggu di Filipina," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Kantor Kemenlu RI, Kamis (6/10/2016). 
 
"Dari 106, 27 pria 79 wanita. Mayoritas umur 41-60 tahun. Sekitar 50-an (WNI) tersebut (merupakan) WNI yang domisili di Malaysia," lanjut Arrmanatha. 
 
Arrmanatha pun menambahkan bahwa saat ini, 84 orang yang sudah siap dikembalikan ke tempat mereka tinggal. Mereka juga membantu proses investigasi.
 
Antisipasi terhadap WNI yang melakukan ibadah haji dengan menggunakan paspor Filipina, dilakukan setelah 177 WNI ditahan oleh pihak imigrasi Filipina pada Agustus lalu. Mereka ditahan saat hendak berangkat haji dengan menggunakan kuota dan paspor Filipina.
 
Namun kini WNI berpaspor Filipina itu sudah dipulangkan kembali ke Indonesia. Pemerintah Filipina pun sepakat dengan Pemerintah Indonesia untuk menganggap mereka sebagai korban perekrut calon haji.
 
Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, ternyata ditemukan laporan bahwa ada sekitar 700 WNI berangkat haji dengan menggunakan paspor negara lain. Pihak Kemenlu RI pun mengantisipasi kepulangan mereka di Filipina agar tidak terkena imbas pelanggaran imigrasi dan langsung dipulangkan ke Tanah Air.

 

(FJR)