Terima PM Australia, Jokowi Bahas Kerja sama Lawan Terorisme

Stela Nau    •    Kamis, 08 Sep 2016 09:59 WIB
indonesia-australia
Terima PM Australia, Jokowi Bahas Kerja sama Lawan Terorisme
Presiden Joko Widodo lakukan pertemuan dengan PM Australia di sela-sela KTT ASEAN (Foto: dok.Kemenlu RI)

Metrotvnews.com, Vientiane: Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull di sela-sela pertemuan ASEAN. Keduanya membahas rencana kunjungan Presiden ke Australia
 
"Kedua kepala negara berbicara mengenai kunjungan Presiden ke Australia, tanggalnya sedang kita cari. ‎Yang paling tepat koridornya adalah di bulan November," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan, di Vientianne, Laos, Kamis (8/9/2016). 
 
"Ini merupakan pemenuhan dari undangan Perdana Menteri yang sudah lama. Undangannya sudah ada dan sekarang disampaikan lagi dan Presiden menyampaikan kita coba koridor bulan November," imbuh Menlu.
 
Selain mengenai rencana kunjungan, kedua negara juga membahas kerja sama dalam konteks ekonomi terutama mengenai masalah daging.
 
"Daging ini tidak hanya terkait dengan ‎impor beef (daging sapi). Jadi itu harus sustainable (berkelanjutan). Tidak hanya beli-membeli tapi juga kemudian menjadikan ketahanan pangan kita lebih sustainable (berkelanjutan)," tegas Menlu.
Kerja sama dalam bidang melawan terorisme juga dibahas. Dalam konteks ASEAN-Australia, kerja sama ini memang sangat mengemuka dan ada juga statement khusus mengenai masalah menghadapi terorisme. 
 
"Dalam konteks bilateral, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kerja sama countering terrorism. Kita akan meningkatkan kerja sama di bidang intelijen, (kekuatan) cyber juga akan kita tingkatkan, sehingga akan ada penguatan kerja sama countering terrorism," imbuh Menlu Retno.
 
Tidak lupa, kerja sama maritim menjadi perhatian dalam hubungan Indonesia dan Australia. Ini termasuk di bagian mana Australia bisa memberikan dukungan kerja sama maritim.



(FJR)