Banjir akibat Hujan Deras di India Utara Tewaskan Empat Orang

Willy Haryono    •    Minggu, 16 Jul 2017 15:41 WIB
banjir asia
Banjir akibat Hujan Deras di India Utara Tewaskan Empat Orang
Kendaraan melaju di tengah banjir di Ahmedabad, Gujarat, India, September 2013. (Foto: PTI)

Metrotvnews.com, Gujarat: Banjir di tengah musim penghujan di India Utara menewaskan empat orang, serta membuat enam lainnya dinyatakan hilang, setelah wilayah tersebut terus diguyur hujan deras. 

Jaringan kereta api utama dan beberapa ruas jalan  di negara bagian Gujarat terganggu akibat banjir, dan aliran listrik untuk lebih dari 120 rumah terputus. 

"Empat orang tewas setelah tersapu banjir sejak Sabtu pagi. Enam lainnya masih hilang," kata Pankaj Kumar, seorang pejabat lokal, kepada AFP, Minggu 16 Juli 2017. 

Ia menambahkan saat ini Pasukan Respons Bencana Nasional India telah dikerahkan ke Gujarat untuk mencari korban hilang. 

Dibantu militer India, petugas gabungan telah menyelamatkan lebih dari 2.000 orang dari kawasan terdampak banjir terparah. 

Departemen Meteorologi India memprediksi hujan deras akan terus mengguyur Gujarat hingga dua hari ke depan, terutama di daerah pesisir. 

Hujan deras juga memicu banjir di negara bagian lain termasuk Bihar di wilayah timur dan Assam serta Arunachal Pradesh.

Assam dan Arunachal Pradesh dilanda banjir besar dan tanah longsor terburuk dalam beberapa tahun terakhir, setelah diguyur hujan deras selama sepekan. 

Hampir setengah juta orang di Assam terkena imbas banjir, dan lebih dari 24 orang tewas dalam musibah tersebut. 

Menteri Dalam Negeri Junior India Kiren Rijiju mengatakan dari Arunachal Pradesh via Twitter bahwa pendanaan untuk obat-obatan dan bantuan darurat telah diberikan kepada para korban banjir.


(WIL)