Beberapa Jasad Pelaut dari USS Fitzgerald Ditemukan

Arpan Rahman    •    Minggu, 18 Jun 2017 13:40 WIB
tabrakan kapal
Beberapa Jasad Pelaut dari USS Fitzgerald Ditemukan
USS Fitzgerald yang rusak ditabrak kapal berbendera Filipina di Laut Jepang, 17 Juni 2017. (Foto: REUTERS/Toru Hanai)

Metrotvnews.com, Yokosuka: Beberapa mayat pelaut yang hilang sejak kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) USS Fitzgerald bertabrakan dengan sebuah kapal kontainer akhirnya ditemukan.

Para korban tewas ditemukan di sebuah bagian di dalam USS Fitzgrald.

"Saat kru pencarian dan penyelamatan mendapatkan akses ke ruang yang rusak pagi ini, pelaut yang hilang sudah ditemukan," sebut Armada Ketujuh Amerika Angkatan Laut AS. Minggu 18 Juni 2017, seperti disitat Channel News Asia.

Pernyataan militer AS tidak mengatakan apakah seemua awak kapal yang hilang itu sudah ditemukan. Namun media Jepang melaporkan bahwa tujuh pelaut yang dinyatakan hilang ditemukan dalam keadaan tewas.

Ketujuh pelaut itu dilaporkan hilang setelah kapal perusak rudal ASS Fitzgerald bertabrakan dengan sebuah kapal kontainer berbendera Filipina di selatan Teluk Tokyo, Jepang, pada dini hari Sabtu 17 Juni 2017.

USS Fitzgerald yang rusak kembali ke pelabuhan asalnya di Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka selatan Tokyo. Sedangkan kapal kargo berbendera Filipina merapat ke dermaga Oi Tokyo.

Setelah membantu menstabilkan USS Fitzgerald, kapal penolong USS Dewey bergabung dengan kapal serta pesawat AS dan Jepang dalam meneruskan pencarian. Setidaknya tiga pelaut Amerika lainnya terluka dalam kecelakaan itu.

Nama-nama pelaut yang hilang masih disimpan saat-saat menunggu pemberitahuan kepada keluarga mereka.


(WIL)