Bom Korut, 10 Kali Lebih Kuat dari Bom Hiroshima

Sonya Michaella    •    Rabu, 06 Sep 2017 14:09 WIB
rudal korut
Bom Korut, 10 Kali Lebih Kuat dari Bom Hiroshima
Uji coba rudal balistik Korut yang keenam disertai peledakan bom hidrogen. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Temuan penelitian otoritas Jepang menyebutkan tentang perkiraan kekuatan bom hidrogen yang diledakkan Korea Utara (Korut), 3 September lalu, bisa melebihi 10 kali kekuatan bom Hiroshima zaman Perang Dunia II.

Meski tak ada pencemaran radioaktif baik di udara, air, maupun tanah, namun bom tersebut memiliki kekuatan hingga 160 kilotons.

Bom Amerika Serikat (AS) yang menghancurkan kota Hiroshima pada tahun 1945 itu tercatat membawa hasil ledakan sebesar 15 kiloton.

"Ini jauh lebih kuat daripada uji coba nuklir mereka di masa lalu," kata Menteri Pertahanan Itsunori Onodera, dikutip dari AFP, Rabu 6 September 2017.

Hari ini, Onodera mengaku mengadakan pembicaraan telepon dengan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis, dan keduanya sepakat untuk meningkatkan tekanan yang kasat mata terhadap Korut.

"Perkembangan nuklir dan rudal Korea Utara berada pada tahap baru ancaman serius dan berbahaya," kata Onodera kepada Mattis.

Diperkirakan, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk 'memengaruhi' Pyongyang.

"Kami harus membuat Korut mengubah kebijakannya saat ini dan membuat mereka paham bahwa program rudal mereka membuat masa depan dunia tidak baik," kata Abe.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah menyatakan akan mendukung Korea Selatan dan Jepang untuk membeli peralatan militer yang lebih canggih lagi dari AS.

 


(WIL)