Pecahkan Rekor, Astronot Wanita Tertua Turun ke Bumi

Arpan Rahman    •    Senin, 04 Sep 2017 12:06 WIB
luar angkasa
Pecahkan Rekor, Astronot Wanita Tertua Turun ke Bumi
Peggy Whitson, astronot wanita tertua asal AS. (Foto: AFP/SERGEI ILNITSKY)

Metrotvnews.com, Astana: Astronot Peggy Whitson kembali ke Bumi setelah lebih dari sembilan bulan berada di orbit planet. Dia menumbangkan rekor NASA untuk lamanya waktu yang dihabiskan di luar angkasa.

Misi pertamanya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menghabiskan waktu selama 665 hari -- lebih lama daripada astronot wanita asal AS dan dari seluruh dunia.

Ketika dalam posisi memimpin di seleksi ketahanan ruang angkasa AS, ahli biokimia itu juga membuat serangkaian catatan lainnya saat berada di orbit. Ia menjadi astronot wanita tertua di dunia di usia 57, dan juga yang paling berpengalaman lewat 10 kali misi ulang-alik.

Whitson, yang menjadi astronot pada 1996, juga merupakan wanita pertama yang memimpin stasiun luar angkasa.

Seperti dikutip Sky News, dia dan dua rekannya turun ke Bumi dan mendarat di Kazakhstan, sesaat menjelang pukul 02:30 waktu Inggris, Minggu dini hari waktu setempat.

Seharusnya jika kembali pada April lalu, Whitson sudah memecahkan rekor 534 hari untuk total waktu berada di luar angkasa.

Hanya tujuh awak pria Rusia yang sudah mencatat waktu lebih lama, termasuk Gennady Padalka, pemegang rekor dunia dengan 878 hari di orbit.

Setelah memulai misinya pada November tahun lalu, dia sempat akan kembali ke bumi tiga bulan lalu. Namun Whitson memperpanjang masa tinggalnya setelah tempat ekstra tersedia.

Saat berada di ISS, sekitar 402 km di atas Bumi, ilmuwan itu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan eksperimen, termasuk studi jaringan paru-paru, kanker dan sel-sel tulang.



(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA