Indonesia Beri Beasiswa Program Kelapa Sawit untuk Pelajar Asing

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 11 Sep 2017 11:44 WIB
kelapa sawit
Indonesia Beri Beasiswa Program Kelapa Sawit untuk Pelajar Asing
Indonesia memberikan kesempatan bagi para pelajar asing yang ingin belajar mengenai kelapa sawit via program Sustainable Palm Summer Course. (Foto: Metrotvnews.com/Marcheilla Ariesta)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai salah satu negara produsen kelapa sawit terbesar, Indonesia memberikan kesempatan bagi para pelajar asing yang ingin belajar mengenai seluk beluk tanaman tersebut. Kesempatan ini dibuka melalui program Sustainable Palm Summer Course.

Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia A.M Fachir menuturkan, program akan dimulai pada awal November 2017.

"Program ini memberi kesempatan bagi pelajar asing untuk datang ke Indonesia dan belajar mengenai palm oil," ujar Fachir, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin 11 September 2017.

Mantan Duta Besar RI untuk Arab Saudi itu mengatakan, selain belajar mengenai minyak kelapa sawit di Indonesia, para pelajar asing juga berkesempatan mencicipi pengalaman bekerja di plantation kelapa sawit.

Untuk mempromosikan program ini, Wamenlu meminta seluruh perwakilan diplomatik Indonesia untuk menginformasikan ke negara tempat mereka bekerja. Hal tersebut bertujuan menarik minat warga asing untuk belajar minyak mengenai kelapa sawit Indonesia.


Wamenlu RI AM Fachir. (Foto: Metrotvnews.com)

Sejauh ini, sejumlah universitas di Indonesia tengah bekerja sama dengan pusat pendidikan di beberapa negara. Salah satunya adalah Universitas Goettingen, Jerman, yang bekerja sama dengan Universitas Mendalo Jambi, Universitas Tadulako Palu dan Institut Pertanian Bogor. 

Kerja sama tersebut terjalin dalam Collaborative Research Centre (CRC) 990.

Sebagai negara produsen minyak kelapa sawit, Indonesia mengekspor 25 juta ton ke seluruh dunia. Dari hasil tersebut, Indonesia berhasil mendapat USD70 miliar.



(WIL)