Temui Menlu, Konsul RI di Palestina Bahas Peluang Usaha untuk WNI

Fajar Nugraha    •    Rabu, 12 Oct 2016 16:34 WIB
indonesia-palestina
Temui Menlu, Konsul RI di Palestina Bahas Peluang Usaha untuk WNI
Konsul Kehormatan RI di Palestina Maha Abou Shoushes diterima Menlu Retno Marsudi (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kedatangan Konsul Kehormatan RI untuk Palestina Maha Abou Shushes. Kedatangannya terkait pelaksaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 di Jakarta.
 
Menlu menerima courstesy call dari Konsul Shushes ini bersama dengan lima pewakilan Palestina. Mereka membahas kemungkinan perluasaan usaha yang bisa dilakukan oleh pengusaha Indonesia.
 
"Pengusaha Palestina sampaikan beberapa area bisnis yang dapat dikembangkan seperti konstruksi, IT serta logistik," sebut Kemenlu RI, melalui akun Twitternya yang dikutip Metrotvnews.com, Rabu (12/10/2016).
 
Menlu Retno juga turut mengapresiasi kehadiran pengusaha Palestina di TEI 2016. Diharapkan kerja sama pengusaha kedua negara dapat terus ditingkatkan.


Menlu Retno terima Konhor Maha Abou Shushes (Foto: Sonya Michaella/MTVN)
 
 
Dilantik sebagai Konsul Kehormatan pada Maret lalu, Shushes bertugas sebagai perwakilan RI di Palestina yang akan bertanggungjawab mengurus kepentingan Indonesia di Palestina.
 
Kehadiran Shushes sebagai Konsul Kehormatan bisa membuat peluang kerja sama ekonomi kedua negara meningkat. Selama dua tahun ini, perdagangan antara kedua negara terus bertambah hingga tiga kali lipat.
 
"Saya yakin peran konsul kehormatan menjadi jembatan silaturahmi antara kedua negara.  Peran dari konhor adalah melindungi wni yang ada di palestina. Setiap tahun ada 50 ribu wni yang datang ke Palestina," tegasnya.
Ketika dilantik oleh Menlu Retno di Amman, Yordania, Maret 2016 lalu, Konsul Shushes menyebutkan ada kebanggaan besar menjadi Konsul Kehormatan RI untuk Palestina. Baginya Indonesia adalah negara kuat.
 
Namun Shushes mengakui dalam menjaga hubungan kedua negara tetap ada tantangan. Shushes pun berharap hubungan kedua negara akan lebih kuat begitu dengan hubungan kedua rakyat. Perempuan yang aktif dalam kegiatan kewanitaan ini, berharap kunjungan WNI ke Palestina bisa bertambah hingga 100 ribu orang.
 
Sementara Menlu juga menyebutkan bahwa selain meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Palestina, Konsul Kehormatan RI di Ramallah juga bertugas melayani dan melindungi warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia serta meningkatkan kerja sama ekonomi dan sosial budaya kedua negara.
 
Konsul Kehormatan RI ditugaskan mempromosikan ekonomi, perdagangan, pariwisata, investasi, tenaga kerja dan jasa, serta promosi sosial budaya.
 
Pembukaan Konsul Kehormatan RI di Ramallah adalah konsul kehormatan pertama di antara 41 kedutaan besar dan konsul asing di Ramallah. Sementara konsul kehormatan asing lainnya di Palestina saat ini berada di Bethlehem.

 
 



(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA