Junta Militer Thailand Kendalikan Transisi Kerajaan

Arpan Rahman    •    Sabtu, 15 Oct 2016 15:33 WIB
raja thailand
Junta Militer Thailand Kendalikan Transisi Kerajaan
PM Prayuth Chan Ocha beri penghormatan kepada Raja Bhumibol (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Hukum lese-majeste yang ketat di Thailand telah menyisakan sedikit ruang untuk diskusi publik tentang suksesi.
 
Junta berjanji menggelar pemilu tahun depan dan mendorong konstitusi untuk memastikan pengawasan dari pemerintah sipil. Kelihatannya tegas untuk mengendalikan transisi kerajaan.
 
Kedutaan-kedutaan asing di Thailand menyarankan wisatawan untuk menghormati perasaan orang-orang Thailand yang berduka. (Baca: Raja Bhumibol Wafat, WNI Diminta Antisipasi Kondisi di Thailand).
 
Sebagian besar warga Thailand tidak mengenal monarki lain dan gambar Raja Bhumibol digantung hampir di setiap rumah, sekolah, dan kantor. (Baca: Rakyat Thailand Berduka, Putra Mahkota Mandikan Jasad Raja).
 
Telah bertahun-tahun, ia tampil di televisi hampir setiap malam, sering berjalan susah payah menerobos hujan, dengan peta di tangan, dan kamera di lehernya, mengunjungi berbagai proyek pembangunan pedesaan.
 
Istrinya, Ratu Sirikit, 84, juga telah berada dalam kondisi kesehatan yang buruk dalam beberapa tahun terakhir.


PM Prayuth Chan Ocha beri penghormatan kepada Raja Bhumibol yang wafat (Foto: EPA)
 
Prayuth memperingatkan siapa pun yang mengambil keuntungan dari situasi ini akan mendapat masalah. Politisi dari semua kubu langsung berkabung.
 
"Kalau transisi berjalan mulus, gangguan ekonomi besar tidak akan terjadi," kalangan analis dan diplomat mengatakan, seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (15/10/2016).
 
Sebelumnya, PM Prayuth mengumumkan bahwa Putra Mahkota Pangeran Maha Vajiralongkorn akan meneruskan tahta Monarki Thailand. (Baca: PM Thailand: Vajiralongkorn Akan Dilantik sebagai Raja).
 
Kepastian naiknya Vajiralongkorn sebagai Raja Thailand, diumumkan setelah pihak Istana Kerajaan mengumumkan wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej di Rumah Sakit Siriraj pada pukul 3.52 sore, Kamis 13 Oktober.
 
Menurut Prayuth, Pemerintah Thailand akan mengabarkan pihak Majelis Legislatif Nasional bahwa yang mulia Raja menunjuk pewarisnya pada 28 Desember 1972. Hal ini merujuk pada saat Vajiralongkorn ditunjuk sebagai putra mahkota oleh Raja Bhumibol.

 
 

(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA