Baku Tembak di Bangladesh Tewaskan Sembilan Militan

Willy Haryono    •    Selasa, 26 Jul 2016 14:03 WIB
konflik bangladesh
Baku Tembak di Bangladesh Tewaskan Sembilan Militan
Polisi Bangladesh melakukan operasi penggerebekan rutin sejak aksi teror di Dhaka yang menewaskan 20 orang pada 1 Juli 2016. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Dhaka: Kepolisian Bangladesh mengklaim telah membunuh sembilan terduga ekstremis dalam baku tembak sengit di Dhaka, Selasa (26/7/2016). 

Peristiwa dimulai saat polisi melakukan operasi pencarian di permukiman penduduk di Kallyanpur. Di tengah operasi, terduga militan menyerang aparat dengan menggunakan bom buatan tangan. 

Sebelumnya pada Juli ini, 20 orang yang sebagian besarnya warga negara asing, tewas dalam serangan berdarah di sebuah kafe di Dhaka. 

Militan yang tewas dalam operasi terbaru disebut berasal dari sebuah grup dalam negeri. Grup ini juga yang bertanggung jawab dalam serangan di kafe di Dhaka. 

"Sembilan militan tewas dalam baku tembak yang berlangsung selama lebih kurang dua jam," kata wakil komisioner kepolisian metropolitan Dhaka, Masud Ahmed, kepada AFP

Satu ekstremis berhasil ditangkap hidup-hidup dan ditahan untuk diinterogasi. 

Kepala Kepolisian Nasional Bangladesh A.K.M Shahidul Hoque mengatakan kepada awak media bahwa para militan ini berasal dari grup Jamayetul Mujahideen Bangladesh atau JMB. 

Lima pria bersenjata menyerbu sebuah toko roti di Gulshan, Dhaka, pada 1 Juli, yang berujung pada tewasnya dua polisi dan 20 WNA. Korban WNA berasal dari Italia dan Jepang. 

Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut dan merilis serangkaian foto aksi teror di Dhaka. Namun otoritas setempat membantah klaim ISIS, dan mengatakan bahwa jaringan grup tersebut tidak ada di Bangladesh.

Namun seorang polisi mendengar pengakuan seorang militan yang terluka dalam serangan, yang mengatakan bahwa semua rekannya adalah pengikut ISIS. 

"Nama dia Hasan. Dia bilang mereka semua anggota ISIS," ujar seorang polisi yang enggan disebutkan namanya.


(WIL)