Korsel Tanggapi Tawaran Korut Gelar Dialog Bulan Ini

Sonya Michaella    •    Selasa, 02 Jan 2018 12:41 WIB
nuklir korea utararudal korut
Korsel Tanggapi Tawaran Korut Gelar Dialog Bulan Ini
Presiden Korsel, Moon Jae-in. (Foto: AFP)

Seoul: Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menyambut baik tawaran pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un untuk berdialog. Namun, ia tetap bersikukuh bahwa program nuklir Korut harus dihapus.

"Perbaikan hubungan antara Korsel dan Korut tidak dapat dilakukan secara terpisah dengan apa yang kita sebut program nuklir Korut. Jadi, dunia internasional harus berkoordinasi erat mengenai hal ini," kata Moon, dikutip dari AFP, Selasa 2 Januari 2018.

Dalam pidato Tahun Baru 2018, Kim juga mengusulkan agar Seoul harus berhenti meminta bantuan dari negara lain, demi memperbaiki hubungan dengan Korut.

Di samping itu, Menteri Unifikasi Korsel Cho Myoung-gyon mengusulkan diadakannya perundingan tingkat tinggi dengan Pyongyang pada 9 Januari mendatang.

"Kami berharap Korsel dan Korut dapat bertemu dan mendiskusikan perbaikan hubungan antara kedua negara dan juga membicarakan kehadiran Pyongyang di Olimpiade Pyeongchang, serta isu-isu lainnya," ungkap Cho.

Mengenai Olimpiade Musim Dingin yang digelar sebulan penuh selama Februari ini, Korut memang telah berencana untuk mengirimkan wakilnya. 

Arena Olimpiade Musim Dingin ini hanya terletak 80 kilometer dari DMZ yang memisahkan Korut serta Korsel. 

Sementara itu, para analis mengatakan bahwa tanggapan Seoul ini keluar setelah melihat situasi yang sedang terjadi serta sudut pandang yang cukup realistis.

Tanggapan Korsel ini juga menunjukkan penyelesaian masalah nuklir Korut memiliki prioritas tinggi daripada memperbaiki hubungan internal antara Korsel dan Korut.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

1 day Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA