Shinzo Abe Menang Telak dalam Pemilu Jepang

Sonya Michaella    •    Senin, 23 Oct 2017 08:04 WIB
politik jepang
Shinzo Abe Menang Telak dalam Pemilu Jepang
PM Shinzo Abe menang telak di pemilu. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan partainya, Partai Demokrasi Liberal (LDP), menang telak dalam pemilihan umum yang digelar kemarin.

Kantor berita NHK menunjukkan LDP meraih 312 kursi parlemen, dari 465 kursi, yang berarti dua pertiga dari mayoritas kursi di parlemen diduduki LDP.

"Seperti yang saya janjikan dalam pemilihan, tugas saya yang akan segera dilakukan adalah dengan tegas menangani Korea Utara. Untuk itu diperlukan diplomasi yang kuat," ucap Abe, dikutip dari AFP, Senin 23 Oktober 2017.

Sementara itu, Wali Kota Tokyo Yuriko Koike bersama partainya, Kibo no To atau Partai Harapan, yang merupakan partai oposisi baru, gagal mengalahkan kekuatan LDP.

Partai Harapan masih harus bersaing dengan partai baru lainnya, Partai Demokratik Konstitusional Jepang (CDPJ). Jajak pendapat TBS  menunjukkan Partai Harapan kalah suara dengan CDPJ.

"Ini adalah hasil pemilu yang sangat sulit. Kami berupaya menempatkan kebijakan sebagai prioritas utama. Namun, hasil yang kami dapatkan sangatlah sulit," ujar Koike.

Kemenangan LDP pun dianggap dapat memperbesar peluang Abe kembali menjabat sebagai pemimpin partai tersebut untuk ketiga kalinya pada September mendatang.

Tak hanya itu, Abe juga masih akan memimpin Jepang dan sekaligus menjadi perdana menteri terlama Jepang yang telah berkuasa sejak 2012.

Kesuksesan LDP hari ini dapat memperlancar usaha Abe untuk merealisasikan sejumlah rencananya, termasuk memperkuat angkatan bersenjata Jepang.

Kendati demikian, sesungguhnya Jepang dilarang memiliki angkatan bersenjata sebagai hasil kesepakatannya dengan Amerika Serikat saat Perang Dunia II lalu. Namun, pemerintahan Abe tak mengindahkan pasal tersebut dengan alasan pertahanan diri. 

 


(WIL)