Di Korsel, Trump Sebut Militer AS Siap Tempur Lawan Korut

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 08 Nov 2017 10:50 WIB
as-korsel
Di Korsel, Trump Sebut Militer AS Siap Tempur Lawan Korut
Presiden AS Donald Trump bersama dengan Presiden Korsel Moon Jae-in (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Seoul: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan Korea Utara (Korut) bahwa dia siap menggunakan seluruh kekuatan militer AS untuk menghentikan serangan apapun yang dilakukan Pyongyang. Ancaman tersebut dilontarkan Trump dalam kunjungannya ke ibu kota Korea Selatan (Korsel), Seoul.
 
 
Berbicara di hadapan wartawan mengenai Korut saat berkunjung ke Seoul, Trump menuturkan saat ini negaranya tengah menahan diri pada Pyongyang.
 
"Kami berharap pada Tuhan untuk tidak menggunakan kekuatan militer penuh AS, namun kami siap melakukan apapun untuk mencegah 'diktator Korea Utara' dari mengancam jutaan nyawa," serunya, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu, 8 November 2017.
 
"Kami tidak dapat membiarkan Korea Utara mengancam semua yang telah kami bangun," imbuh dia.
 
Dalam kesempatan tersebut, Trump juga mendesak agar Korut menyerah pada program nuklirnya. Dia menuturkan masih yakin Pyongyang bisa diajak berdialog.
 
"Saya benar-benar percaya, bahwa Korea Utara akan datang, duduk di meja dan membuat kesepakatan yang baik unuk rakyat, tak hanya rakyat Korea Utara, namun juga dunia," ujarnya dalam konferensi pers.
 
Pernyataan yang dilontarkan Trump ini agak berbeda dari biasanya. Dia dianggap lebih 'tenang' dan malah yakin Korut mau duduk di meja, berunding dengannya. Sementara itu, pemimpin Korut, Kim Jong-un sendiri telah menjelaskan bahwa dia hanya memiliki sedikit minat dalam negosiasi.
 
Trump dan istrinya, Melania tiba di Seoul pada Selasa kemarin. Usai mendarat, keduanya ditemani Presiden Korsel Moon Jae-in terbang ke Camp Humphreys, pangkalan militer AS terbesar di negara ini dan bertemu dengan tentara AS serta Korsel di sana.



(FJR)