Gedung Putih Bantah Trump-Putin Bertemu di Sela KTT APEC

Sonya Michaella    •    Jumat, 10 Nov 2017 14:24 WIB
ktt apecas-rusia
Gedung Putih Bantah Trump-Putin Bertemu di Sela KTT APEC
Presiden AS Donald Trump saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20 Jerman (Foto: AFP)

Da Nang: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak akan mengadakan pertemuan formal dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT APEC, Vietnam, yang baru saja digelar hari ini.

"Tidak ada pertemuan yang dikonfirmasi. Tidak ada pertemuan bilateral. Jadwalnya terlalu padat," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders, dikutip dari CNN, Jumat 10 November 2017.

"Mereka memang ada di tempat yang sama. Tetapi tidak ada jadwal pertemuan di agenda Presiden Trump," ungkap dia lagi.

Pernyataan Sanders ini bertentangan dengan apa yang dikatakan pihak Rusia sehari sebelum KTT APEC berlangsung. Ajudan Putin, Yuri Ushakov mengatakan bahwa Putin dan Trump akan kembali bertemu di sela KTT APEC.

Dikatakan pula, kedua belah pihak telah menyetujui waktu dan tempat untuk bertemu. Trump dan Putin terakhir kali bertemu saat sama-sama berada di KTT G20 Hamburg, Jerman.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga sempat mengatakan bahwa Putin siap untuk bertemu Trump di sela-sela KTT APEC.

Bahkan ia mengaku dapat mengadakan pembicaraan singkat dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson di sela-sela KTT APEC. Pasalnya, akan banyak masalah yang bisa dibahas, termasuk mengenai hubungan bilateral Rusia dan AS.

Sementara itu saat masih berada di Tiongkok untuk kunjungan kenegaraan, Tillerson menolak untuk mengomentari rencana pertemuan Trump dan Putin akan bertemu di sela KTT APEC.



(FJR)