Bangladesh dan Myanmar Diharapkan Rampungkan Repatriasi Warga Rakhine

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 14 Nov 2017 12:22 WIB
ktt aseanrohingyapengungsi rohingya
Bangladesh dan Myanmar Diharapkan Rampungkan Repatriasi Warga Rakhine
Menlu Retno Marsudi menjelaskan hasil dalam KTT ASEAN di Manila, Filipina (Foto: Dok.Kemenlu RI).

Manila: Nota kesepakatan (MoU) mengenai masalah repatriasi warga Rakhine, Myanmar dari Bangladesh diharapkan segera diselesaikan oleh kedua negara. Indonesia mendorong agar kerangka MoU segera diselesaikan agar bisa diimplementasikan.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, menyampaikan MoU ini penting sebagai salah satu solusi masalah kemanusiaan di Rakhine State tersebut.

"Ada satu MoU yang sangat penting sekali untuk segera diselesaikan dan diimplementasikan, adalah MoU mengenai masalah repatriasi. MoU ini sekarang berada di Bangladesh," ujar Menlu Retno dalam video yang diterima Metrotvnews.com, Selasa, 14 November 2017.

"Kemarin pagi saya melakukan komunikasi dengan state minister untuk urusan luar negeri Bangladesh dan bicara juga mengenai ini. Saat presiden bicara di KTT dan saat bicara dengan Sekjen PBB saat bilateral, presiden menyampaikan pentingnya arti MoU ini bagi proses selanjutnya," imbuh Retno.

State Counselor Myanmar, Aung San Suu Kyi juga menyampaikan hal serupa. Retno menyebutkan, saat berbicara di KTT ASEAN, Suu Kyi mengatakan pentingnya segera diselesaikan draft MoU dengan Bangladesh mengenai repatrasi ini.

"Dan janji Pemerintah Myanmar adalah tiga minggu setelah draft MoU itu di tandatangani, maka akan diimplementasikan," jelasnya.

Retno menambahkan, Indonesia akan mencoba berkomunikasi terus, baik dengan Myanmar, Bangladesh dan pihak lainnya agar kerangka MoU ini dapat segera diselesaikan.

Isu mengenai Rakhine State menjadi salah satu fokus utama dalam KTT ke-31 ASEAN yang diselenggarakan di Manila, Filipina. Tak hanya Indonesia, pernyataan mengenai keprihatinan atas kasus kemanusiaan di sana juga disampaikan para kepala negara anggota ASEAN lainnya.



(FJR)