Ledakan Dahsyat di Ningbo Tiongkok Berasal dari Septic Tank

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 27 Nov 2017 10:52 WIB
ledakan tiongkok
Ledakan Dahsyat di Ningbo Tiongkok Berasal dari Septic Tank
Ledakan dahsyat di Ningbo, Tiongkok, 26 November 2017, merusak sejumlah mobil. (Foto:AFP/STR)

Ningbo: Sebuah tempat penampungan tinja atau septic tank meledak di megaport Ningbo, Tiongkok pada akhir pekan kemarin. Akibatnya, dua orang tewas dan lebih dari 20 lainnya terluka.

Ledakan tersebut begitu kuat hingga terdengar beberapa kilometer jauhnya. Akibat ledakan itu pula, sebuah bangunan bekas hancur.

"Kami sedang minum teh dan tiba-tiba ada ledakan. Sangat keras bunyinya," ujar seorang warga lokal dengan nama keluarga, Wu.

Seperti dikutip AFP, Senin 27 November 2017, pemerintah daerah telah mengofirmasi terjadinya ledakan tersebut. Dalam akun Twitter resmi pemerintah, dua tewas, empat terluka parah dan 15 lainnya terluka ringan.

"Pejabat keamanan publik mengonfirmasi bahwa ledakan tersebut berasal dari septic tank yang berada di lapangan kosong," demikian pernyataan dari pemerintah daerah.

Sementara itu, pihak berwenang melakukan penjagaan di sekitar bangunan yang roboh dan masih menyelidiki penyebab ledakan di Ningbo.

Seorang wanita tua menyebutkan salah satu anaknya berada di daerah tersebut saat ledakan. "Kita tinggal di sini dan salah satu anak saya masih berada di dalam (zona eksklusi). Dia belum ditemukan," seru seorang wanita tua.

Namun, tak berapa lama dia menerima telepon dan mengatakan bahwa anaknya yang menghubunginya.

Gas metana dan hidrogen sulfida, yang mudah terbakar, dapat terbentuk di tempat penampungan tinja. Karenanya, ujar para ahli, jika tempat penampungan sudah penuh, gas tersebut akan mencari cara untuk keluar, maka terjadilah ledakan tersebut.


(WIL)