12 Ribu Warga Filipina Mengungsi akibat Topan Sarika

Sonya Michaella    •    Senin, 17 Oct 2016 10:32 WIB
topan badai
12 Ribu Warga Filipina Mengungsi akibat Topan Sarika
Topan Sarika hantam Luzon, Filipina (Foto: Asian Corresppondent)

Metrotvnews.com, Manila: Hujan lebat dan angin kencang akibat badai topan Sarika menerjang pulau Luzon, Filipina. Akibatnya, lebih dari 12.000 orang terpaksa mengungsi.

Hujan yang amat lebat menyebabkan tanah longsor dan menimpa rumah warga. Saat ini, dilaporkan dua orang telah tewas akibat badai ini. 

Sebelum menerjang Vietnam, badai topan Sarika telah terlebih dahulu menerjang Filipina. Topan Sarika memaksa lebih dari 200 penerbangan domestik dan internasional dibatalkan.

"Sarika diperkirakan telah melemah di Filipina. Saat ini, menuju ke Laut China Selatan. Namun, topan kedua bernama Lawin segera menerjang Luzon utara," ungkap Badan Meteorologi Filipina, seperti dikutip Asian Correspondent, Senin (17/10/2016).

Topan Sarika atau kerap disebut topan Karen ini termasuk badai topan yang terkuat di Asia. Melaju dengan kecepatan angin 130 kilo meter per jam, badai topan ini diperkirakan mampu memporak porandakan bagian pesisir Filipina.

Pohon-pohon tumbang dan desa pesisir terendam air diperlihatkan oleh tayangan televisi Filipina. Pusat evakuasi kota pun hanya bisa menampung sekitar 1.000 warga.

Setelah melanda Filipina, kini topan Sarika bergerak ke Vietnam. Sebanyak 21 orang pun telah tewas akibat banjir bandang yang disebabkan topan tersebut.

Waduk-waduk di Vietnam kini telah penuh dan bisa meluap setiap saat akibat terpaan badai topan yang cukup kuat.

Saat ini, dilaporkan sekitar 500.000 warga Vietnam telah mengungsi dan lebih dari 100.000 rumah terendam dan rusak oleh banjir.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

5 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA