Kapal Feri Tenggelam di Myanmar, 14 Orang Tewas dan Puluhan Hilang

Sonya Michaella    •    Senin, 17 Oct 2016 12:07 WIB
kapal tenggelam
Kapal Feri Tenggelam di Myanmar, 14 Orang Tewas dan Puluhan Hilang
Peta lokasi tenggelamnya kapal feri di Myanmar (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Naypyidaw: Setidaknya 14 orang dipastikan tewas dan puluhan lainnya hilang setelah sebuah kapal feri tenggelam di perairan Myanmar.

Namun, otoritas setempat berhasil menyelamatkan 154 orang, sejak kapal feri tersebut terbalik dan tenggelam akibat kelebihan beban dalam perjalanan dari Homalin ke Monywa.

"Resminya, kapal ini hanya bisa memuat sekitar 150 orang dengan kargo. Kami tidak tahu pasti jumlah penumpang, mungkin sekitar 250 orang," kata direktur pemukiman regional Myanmar, Sa Willy, seperti dikutip AFP, Senin (17/10/2016).

Penumpang kebanyakan adalah mahasiswa dari universitas lokal dan guru sekolah, serta pekerja yang melakukan perjalanan pulang untuk merayakan festival lampion dan lilin Myanmar.

"Saya mendengar orang-orang berteriak. Kapal tenggelam sangat cepat dan saya termasuk beruntung karena berhasil diselamatkan," kata seorang penumpang kapal feri.

Saat ini, pencarian penumpang yang hilang masih dilakukan tim penyelamat di sekitar lokasi tenggelamnya kapal.

Sementara, empat staf kapal feri ini telah ditangkap untuk diperiksa lebih lanjut. Pasalnya, mereka mengetahui beban normal kapal dan membiarkan lebih dari 100 orang memasuki kapal.

Kecelakaan kapal di Myanmar adalah hal yang umum. Pada April lalu, sedikitnya 21 orang termasuk sembilan anak tewas akibat perahu terbaik di lepas pantai Rakhine.

Maret 2015, sebanyak 3 orang kehilangan nyawa di lepas pantai barat ketika sebuah feri kelebihan beban dan tenggelam.


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA