Vietnam Perluas Landasan Pacu di Laut China Selatan

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Nov 2016 10:32 WIB
laut china selatan
Vietnam Perluas Landasan Pacu di Laut China Selatan
Kepulauan Spratly di Laut China Selatan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Hanoi: Vietnam dikabarkan memperluas landasan pacu di sebuah pulau sengketa di Laut China Selatan, yaitu Spratly. Hal ini dilakukan untuk menentang Tiongkok yang membangun fasilitas militer di pulau-pulau buatan.

Gambar satelit yang didapat pada bulan ini, menunjukkan Vietnam telah memperluas landasan pacu sepanjang 760 meter. Laporan ini dirilis oleh sebuah pusat studi strategis Amerika Serikat (AS).

"Reklamasi Vietnam ini akan terus dikerjakan dan ada kemungkinan akan semakin meluas," demikian bunyi pernyataan tersebut, seperti dikutip Reuters, Jumat (18/11/2016).

Analis menyebut langkah ini sebagai langkah defensif Vietnam untuk menghadapi Tiongkok dalam sengeketa perairan strategis ini. Namun, Kementerian Luar Negeri Vietnam menyebut laporan tersebut sangat tidak akurat. 

Dikatakan, landasan pacu ini sengaja ditingkatkan kemampuannya di mana akan mampu menampung pesawat pengintai maritim, transportasi pesawat dan juga pesawat tempur.

Laporan tersebut menjelaskan bahwa Vietnam telah menambah perluasan sekitar 23 hektar di Kepulauan Spratly, namun tidak seberapa dengan perluasan Tiongkok.

Tiongkok sendiri telah membangun landasan pacu militer pada tiga pulau buatan di wilayah Laut China Selatan sejak 2013 silam.

"Kami mendorong semua pihak untuk mengambil langkah-langkah menurunkan ketegangan dan damai untuk menyelesaikan perbedaan," tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Anna Richey-Allen.

Pada Agustus lalu, Vietnam diam-diam pun membentengi beberapa pulau di Laut China Selatan yang disengketakan dengan peluncur roket otomatis yang mampu menyerang landasan pacu Tiongkok.

 


(FJR)