Mahathir: Pencarian MH370 Dilanjutkan Jika Ada Bukti Baru

Willy Haryono    •    Rabu, 30 May 2018 13:50 WIB
misteri mh370
Mahathir: Pencarian MH370 Dilanjutkan Jika Ada Bukti Baru
PM Malaysia Mahathir Muhamad dalam sebuah konferensi pers. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyebut pencarian pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 bisa saja dilanjutkan jika ada bukti baru.

Sebelumnya, perusahaan Ocean Infinity asal Amerika Serikat (AS) memberikan keterangan bahwa pencarian MH370 telah berakhir pada Selasa 29 Mei.

"Kami telah mencapai suatu fase dimana kita tidak dapat terus mencari sesuatu yang tidak dapat kami temukan," ujar Mahathir dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip dari The Straits Times, Rabu 30 Mei 2018.

Penerbangan MH370, membawa total 239 orang, menghilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014. Hilangnya MH370 menjadi kasus paling misterius dalam penerbangan global.

Ocean Infinity mengumumkan bahwa pencariannya di area yang diduga sebagai tempat jatuhnya MH370 tidak membuahkan hasil. 

Malaysia dan Ocean Infinity sebelumnya telah membuat perjanjian, bahwa imbalan baru akan dibayarkan jika MH370 ditemukan.

"Motivasi dan tujuan kami memperbarui pencarian adalah menghadirkan jawaban bagi para keluarga korban," ungkap CEO Ocean Infinity, Oliver Plunkett, dalam konferensi pers Selasa kemarin.

"Dengan berat hati kami harus mengakhiri pencarian tanpa berhasil mencapai tujuan tersebut," lanjut dia.

Meski diakhiri, Ocean Infinity tidak menutup kemungkinan akan memulai pencarian baru di masa mendatang.


(WIL)