Sempat Divonis Penjara Seumur Hidup, Pastor Kanada Dibebaskan Korut

Sonya Michaella    •    Kamis, 10 Aug 2017 15:15 WIB
korea utara
Sempat Divonis Penjara Seumur Hidup, Pastor Kanada Dibebaskan Korut
Pastor Hyeon Soo Lim dibebaskan karena sakit dan alasan kemanusiaan. (Foto: AFP/KCNA)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Setelah 2,5 tahun dipenjara pemerintah Korea Utara (Korut), seorang pastor asal Kanada akhirnya dibebaskan.

"Pastor Hyeon Soo Lim dibebaskan Rabu 9 Agustus kemarin karena sakit dan alasan kemanusiaan," sebut pernyataan resmi Korut lewat media KCNA, Kamis 10 Agustus 2017.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memutuskan mengirimkan utusan ke Korut untuk menjamin pembebasan warga negaranya tersebut.

Hyeon didakwa melakukan kejahatan terhadap negara pada Desember 2015. Ia divonis penjara seumur hidup. 

Namun, kesehatan pria berusia 62 tahun itu memburuk sejak beberapa bulan terakhir. Menurut laporan, berat badannya turun drastis.

Sebelumnya, PM Trudeau telah mengirimkan utusan khusus ke Pyongyang untuk mengurus dan menjamin pembebasan Pastor Hyeon.

"Utusan khusus sudah saya kirim ke Kanada untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan pembebasan. Saya jamin, Pastor Hyeon akan segera kembali ke Kanada dan berkumpul dengan keluarganya," kata Trudeau.

"Pemerintah Kanada secara aktif terlibat dalam pembebasan Pastor Hyeon," lanjut dia.

Trudeau menambahkan, setibanya di Kanada, pemeriksaan kesehatan intensif akan dilakukan kepada Pastor Hyeon.  "Kesehatan dia sangat penting. Kami memastikan ia akan menerima bantuan medis yang diperlukan," ungkap Trudeau lagi.

Sumber-sumber terpercaya dari Korut mengatakan, pembebasan warga asing hanya bisa diberikan jika pemimpin Korut, Kim Jong-un, menyetujuinya. 

Belum lama ini, Korut baru saja mengembalikan seorang mahasiswa asal Amerika Serikat (AS) bernama Otto Warmbier yang sebelumya ditahan selama lebih kurang satu tahun.

Sayangnya, Warmbier dikembalikan ke AS dalam keadaan koma, dan sepekan setelahnya, ia meninggal dunia.



(WIL)