Kecelakaan Bus di India Utara Tewaskan 44 Orang

Willy Haryono    •    Rabu, 19 Apr 2017 16:26 WIB
kecelakaan bus
Kecelakaan Bus di India Utara Tewaskan 44 Orang
Warga berkumpul di lokasi kecelakaan bus di distrik Mandi, Dharamsala, India, 8 Mei 2016. (Foto: AFP/STR)

Metrotvnews.com, Shimla: Sebuah bus terguling di jalan pegunungan dan jatuh ke jurang di India Utara, Rabu 19 April 2017. Sedikitnya 44 orang tewas dalam kecelakaan tersebut. 

Menurut laporan seorang pejabat lokal, bus dengan 56 penumpang jatuh ke sungai di dasar jurang di negara bagian Himachal Pradesh, sekitar 115 kilometer dari ibu kota Shimla. 

"Laporan awal menunjukkan bahwa sebuah bus jatuh ke jurang dan menewaskan lebih dari 40 orang. Laporan yang datang ke saya menunjukkan 44 orang tewas," ucap Rohan Chand Thakur, komisioner distrik Shimla, kepada AFP

Polisi bergegas menuju lokasi kejadian dan melakukan upaya penyelamatan. Belum diketahui pasti apa penyebab kecelakaan maupun kondisi sejumlah korban selamat.

India adalah negara dengan jaringan jalan raya paling mematikan di dunia. Setiap tahun, lebih dari 150 ribu orang tewas di India akibat kecelakaan lalu lintas.

Penyebab utama kecelakaan di India adalah kondisi jalan dan fisik kendaraan yang buruk serta perilaku ugal-ugalan pengemudi. 

Pada Februari, 16 orang tewas dan lebih dari 50 lainnya terluka saat sebuah truk terguling di India bagian timur laut. Korban selamat mengklaim sopir truk mengemudi secara ugal-ugalan. 

Satu bulan sebelumnya, 13 orang -- sebagian besar anak-anak usia 7 hingga 14 -- tewas saat bus sekolah bertabrakan dengan truk di India utara.


(WIL)