Temui Sekjen OKI, Menlu Retno Bahas Boikot Produk Israel

Fajar Nugraha    •    Selasa, 01 Aug 2017 17:46 WIB
palestina israel
Temui Sekjen OKI, Menlu Retno Bahas Boikot Produk Israel
Menlu Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Sekjen OKI Yousef binAhmad Al-Othaimeen. (Foto: Kemenlu RI).

Metrotvnews.com, Ankara: Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi berada di Turki untuk melakukan pertemuan Luar Biasa negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).
 
Sebelum pertemuan dimulai, Menlu Retno melakukan pertemuan dengan Sekjen OKI Yousef binAhmad Al-Othaimeen. Keduanya membahas kondisi yang terjadi di Timur Tengah saat ini, terutama kondisi di sekitar Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur.
 
Seperti dikutip Metrotvnews.com, dari akun Twitter resmi Kemenlu RI, Selasa 1 Agustus 2017. Menlu Retno membahas mengenai isu boikot produk Israel yg diproduksi di daerah pendudukan Palestina oleh Israel.
 
Sebelumnya pada Jumat 28 Juli, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir menyebutkan bahwa Indonesia akan mengusulkan proteksi internasional untuk Kompleks Al-Aqsa agar bentrokan tak lagi pecah di kemudian hari.
 
 
Arrmanatha menekankan, posisi dan pandangan Indonesia yang sudah dilakukan untuk meredam situasi di Al Aqsa. Indonesia menurutnya, terus meminta persatuan negara-negara OKI dan menjaga status quo Masjid Al-Aqsa dan mendorong kemerdekaan Palestina.
 
Disebutkan, ada pula sebuah konsep untuk mendorong masyarakat internasional dan PBB untuk memberikan pengawasan dan perlindungan untuk Al-Aqsa. Pemerintah menekankan, harus ada jaminan bahwa situasi dan kondisi Al-Aqsa berangsur baik.
 
 
Pertemuan ini juga dirancang untuk mengingatkan kembali usaha negara-negara OKI di mana organisasi ini dibentuk memang untuk mengupayakan kemerdekaan Palestina, yang sudah 50 tahun lamanya diokupasi. 
 
Sudah sepantasnya bahwa dunia tidak bisa menunggu 50 tahun lagi. Seluruh komunitas harus meningkatkan persatuan negara-negara OKI untuk bisa mendorong masyarakat internasional untuk menyelesaikan situasi di Palestina.



(FJR)