Dua Staf Konsulat Pakistan Hilang di Afghanistan

Willy Haryono    •    Senin, 19 Jun 2017 06:41 WIB
taliban
Dua Staf Konsulat Pakistan Hilang di Afghanistan
Polisi perbatasan bersiaga di Torkham, antara Afghanistan dan Pakistan di provinsi Nangarhar, 12 Mei 2016. (Foto: AFP/NOORULLAH SHIRZADA)

Metrotvnews.com, Islamabad: Dua staf konsulat Pakistan di Afghanistan timur dinyatakan hilang dalam sebuah perjalanan ke suatu tempat, Minggu 18 Juni 2017.

Insiden terjadi beberapa hari setelah Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengunjungi Afghanistan. 

Kementerian Luar Negeri Pakistan menyebut, "dua staf dari Konsulat Jenderal Jalalabad hilang sejak 16 Juni saat berkendaraan ke Pakistan via jalan raya."

"Kasus ini telah diinformasikan ke otoritas terkait di Afghanistan, yang memberitahukan kepada kami bahwa segala upaya sedang dilakukan untuk mencari mereka," lanjut dia, seperti dikutip AFP

Hubungan kedua negara memburuk atas sejumlah isu bahwa Pakistan secara diam-diam mendukung pemberontak yang berupaya menggulingkan pemerintahan Afghanistan. 

Selama ini, sejumlah pejabat Afghanistan sering menuduh Pakistan mendukung kelompok militan Taliban dan memberikan tempat perlindungan bagi para militannya di tanah mereka. 

Taliban menguasai Afghanistan sejak 1996, hingga akhirnya dikalahkan lewat invasi pimpinan Amerika Serikat pada 2001. Sejak saat ini, sisa-sisa Taliban terus memberontak dan menyerang pemerintahan Afghanistan beserta para sekutunya.


(WIL)