Setelah Raja Salman, Tiongkok Sambut PM Israel

Willy Haryono    •    Senin, 20 Mar 2017 23:12 WIB
politik tiongkok
Setelah Raja Salman, Tiongkok Sambut PM Israel
PM Tiongkok Li Keqiang (kanan) dan PM israel Benjamin Netanyahu di Beijing, Tiongkok, 20 Maret 2017. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Beijing: Tiongkok menyambut kedatangan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Senin 20 Maret 2017, setelah sebelumnya menerima kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi. 

Dalam kunjungan Raja Salman, Tiongkok dan Arab Saudi menandatangani perjanjian bernilai USD65 miliar. Tiongkok biasanya hanya memainkan sedikit peran di Timur Tengah, meski tergantung kepada minyak dari kawasan tersebut. 

Namun belakangan mencoba lebih banyak terlibat, sebagai contohnya dalam upaya mengakhiri perang sipil di Suriah. Tiongkok ingin menggambarkan diri sebagai negara yang secara tulus menengahi konflik-konflik dunia. 

Bertemu di Great Hall of People, PM Tiongkok Li Keqiang memuji kemajuan teknologi Israel. Menurut Beijing, Israel adalah pemimpin dunia di beberapa teknologi. 

"Warga Tiongkok dan Yahudi adalah sama-sama masyarakat hebat di dunia," ungkap Li, seperti dikutip Reuters

PM Netanyahu mengaku banyak mendiskusikan kerja sama teknologi dengan Tiongkok. "Saya ingin bertukar pandangan dengan Anda dan bekerja sama untuk kemajuan keamanan, perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan," tutur PM Netanyahu.

Deng Li, Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Tiongkok untuk kawasan Asia Barat dan Afrika Utara, mengatakan bahwa kedua negara juga sepakat mendorong dialog perdagangan bebas. 

"Secara pribadi, saya sangat yakin dan optimistis mengenai masa depan perjanjian perdagangan bebas ini," kata Deng.


(WIL)