Barang Sitaan Najib Razak Mencapai Rp4 Triliun

Sonya Michaella    •    Rabu, 27 Jun 2018 11:47 WIB
politik malaysia1mdb
Barang Sitaan Najib Razak Mencapai Rp4 Triliun
Mantan PM Malaysia Najib Razak dan istrinya Rosmah Mansor. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Polisi Malaysia baru saja merilis nilai barang sitaan dari lima rumah mantan Perdana Menteri Najib Razak. Nilai barang-barang tersebut mencapai USD270 juta atau setara dengan hampir Rp4 triliun.

Kepala Departemen Investigasi Kejahatan Komersial (CCID) Amar Singh mengatakan, semua barang tersebut disita dari kediaman Najib dan diduga terkait dengan skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

"Sebanyak 12 ribu item perhiasan juga kami sita terdiri dari 1.400 kalung, 2.200 cincin, 2.800 pasang anting, 2.100 gelang, 1.600 bros, 14 tiara dan ada yang paling mahal yaitu kalung emas," kata Singh, dikutip dari Channel News Asia, Rabu 27 Juni 2018.

Kalung emas tersebut dilaporkan bernilai RM6,4 juta atau setara dengan Rp22 miliar. 

Sementara itu, jumlah jam tangan yang disita adalah 423 jam tangan berbagai merek terkenal, termasuk Rolex dan Chopard dan kacamata dengan merek yang terkenal juga.

"Polisi sedang memverifikasi semua barang-barang tersebut apakah memang dibeli sendiri atau merupakan hadiah dan kami harus menelusuri siapa yang memberikan hadiah itu," lanjut dia.

"Ini adalah penyitaan terbesar dalam sejarah Malaysia dan kami harus memanggil segera Najib dan istrinya," tegasnya lagi. 

Pekan lalu, Najib mengklaim bahwa barang-barang mewah miliknya dan istrinya, Rosmah Mansor, tak berhubungan dengan skandal 1MDB.

Ia bersikeras bahwa barang-barang mewah tersebut adalah hadiah dari putri dan menantunya untuk istrinya. Ada beberapa barang yang diklaimnya sebagai hadiah pernikahan.



(FJR)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

39 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA