Taliban Ingatkan Warga Kabul Jauhi Instalasi Militer

Willy Haryono    •    Selasa, 22 May 2018 09:46 WIB
talibanafghanistan
Taliban Ingatkan Warga Kabul Jauhi Instalasi Militer
Warga sipil berada dekat Hotel Intercontinental di Kabul, Afghanistan, 21 Januari 2018, yang menjadi tempat baku tembak pemberontak dengan aparat keamanan. (Foto: AFP/WAKIL KOHSAR)

Kabul: Kelompok militan Taliban mengingatkan warga Kabul untuk menghindari "pusat-pusat militer di ibu kota Afghanistan tersebut, Senin 21 Mei 2018. 

Taliban mengaku ingin menghindari jatuhnya korban dari warga sipil dalam rencana mereka menyerang beberapa titik di Kabul

Sebelumnya, Taliban juga pernah mengeluarkan serupa ke warga sipil, termasuk saat menjalankan rencana serangan ke kota Farah pekan lalu. Serangan tersebut berakhir gagal.

Peringatan terhadap warga Kabul ini diyakini sebagai kali pertama dari Taliban.

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, peringatan dikeluarkan setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa Kabul -- kota yang juga mulai sering dilanda serangan kelompok militan Islamic State (ISIS) -- adalah tempat paling berbahaya bagi warga sipil di Irak.

"Untuk menghindari korban warga sipil dan hanya merusak instalasi militer musuh, kami meminta warga Kabul untuk menjauh. Kami tidak ingin ada satu warga pun yang terbunuh," ujar Taliban dalam pernyataan di dunia maya.

Namun korban jiwa dari warga sipil kemungkinan akan tetap ada karena padatnya kota Kabul.

"Segala serangan atau ledakan, bahkan yang berskala kecil, dapat menimbulkan korban jiwa dari warga sipil karena beberapa instalasi militer terletak di pusat kota dekat permukiman," tutur analis politik dan militer, Nik Mohammad, kepada AFP.

Ia menilai peringatan Taliban murni hanya propaganda. "Jika mereka berperang di tengah kota, sudah pasti akan menewaskan warga sipil, tidak ada cara menghindari hal tersebut," kata Nik.

Dinilai sebagai bentuk penolakan terhadap dialog damai pemerintah, Taliban telah mendeklarasikan operasi tahunan musim semi beberapa pekan lalu.


(WIL)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

8 hours Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA