Tak Perlu Takut Atas Kebangkitan Tiongkok

Sonya Michaella    •    Sabtu, 17 Sep 2016 20:02 WIB
diplomasi luar negeri
Tak Perlu Takut Atas Kebangkitan Tiongkok
Mantan Presiden SBY menjadi pembicara di forum FPCI (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menekankan bahwa dunia tak perlu khawatir dan takut atas kebangkitan Tiongkok.
 
"Tiongkok memang akan besar seperti Amerika Serikat. Saya berpandangan, bangkitnya Tiongkok ini adalah realitas," kata SBY di forum FPCI di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).
 
Ia mengungkapkan bahwa ekonomi, politik dan militer Tiongkok akan benar-benar bangkit serta berpengaruh di kawasan dan Indonesia tak perlu takut akan itu.
 
"Semua pihak harus bersiap dengan kebangkitan Tiongkok ini. Amerika dan Eropa juga harus siap dengan keadaan ini," tukasnya.
 
Asia, lanjut dia, ingin adanya manfaat dari kebangkitan Tiongkok di masa mendatang ini. Ia pun menegaskan bahwa Indonesia mempunyai hubungan yang dekat dengan Tiongkok hingga sekarang.
 
"Maka ya tidak usah takut atau khawatir. Yang penting bagaimana kita berdiplomasi dengan Tiongkok dan lebih mempererat hubungan bilateral kita," ucap Ketua Umum Partai Demokrat ini.
 
Ia pun merasa Tiongkok mengerti atas keinginan tetangga-tetangganya yang mengharapkan manfaat dari kebangkitan Negara Tirai Bambu ini.
 
"Saya tegaskan, tak perlu takut atas kebangkitan Tiongkok. Malah harusnya kita dukung dan kita bisa rasakan manfaatnya," pungkas dia.
 
Tak hanya itu, SBY pun menegaskan bahwa kasus Laut China Selatan harus diselesaikan secara damai tanpa perang antara negara-negara yang bersengketa.

   



(FJR)